SHOLEH, M. MIFTAH MUFTI (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN METODE BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Pada Kedai Lembayung Coffee di Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (136kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (83kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (270kB) |
|
Text
SKRIPSI M.MIFTAH MUFTI SHOLEH 152200031.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
vi
ABSTRAK
M. Miftah Mufti Sholeh, Nomor Induk Mahasiswa 152200031, Jurusan
Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Analisis Strategi
Pemasaran dengan Metode Business Model Canvas (BMC) dan Pendekatan
Analisis SWOT (Studi pada Kedai Lembayung Coffee di Yogyakarta). Pembimbing
1 Ibu Dr. Sauptika Kancana, S.S., M.Si.
Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu daerah yang
memiliki jumlah pelajar dan mahasiswa yang relative besar. Mayoritas pelajar dan
mahasiswa masa kini seringkali memiliki gaya hidup “nongkrong” dikedai atau
coffee shop. Hal tersebut yang menjadikan tingginya Jumlah pebisnis kedai kopi di
DIY. Tingginya jumlah pebisnis kopi tersebut menimbulkan persaingan yang cukup
ketat. Salah satu kedai kopi yang berjuang dalam persaingan tersebut adalah kedai
Lembayung Coffee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi strategi
pemasaran yang tepat untuk kedai Lembayung Coffee dengan menggunakan
pendekatan analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC).
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Jumlah informan penelitian ini
sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek pada penelitian ini adalah kedai
Lembayung Coffee. Teknik analisis data terdiri dari 3 cara yaitu pemetaan Business
Model Canvas awal, (2) formulasi strategi yang terdiri dari tahap input dan
pencocokan menggunakan matriks SWOT (3) perumusan Business Model Canvas
baru bagi perusahaan.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan matriks EFE dan IFE
menunjukan posisi perusahaan berada pada kuadran 1 (satu) yang mengindikasikan
strategi dalam tindakan yang perlu diambil oleh perusahaan adalah strategi intensif
(penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Matriks SWOT
menghasilkan 10 (sepuluh) rekomendasi strategi yang terdiri dari 2 strategi (SO), 3
strategi (WO), 2 strategi (ST), dan 3 strategi (WT). Berdasarkan rekomendasi
tersebut dihasilkan Business Model Canvas baru yang meliputi 6 blok
pengembangan yaitu Customer Segment, Value Propositions, Channels, Customer
Relationships, Key Activities, dan Key Partnerships.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business
Model Canvas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business Model Canvas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 03:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 03:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40382 |
Actions (login required)
View Item |