PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER FEAR OF MISSING OUT DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI GENERASI Z

Galih Surya Ramadhan, . (2025) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER FEAR OF MISSING OUT DAN PENGETAHUAN INVESTASI TERHADAP MINAT INVESTASI GENERASI Z. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_142210246.pdf] Text
Cover_142210246.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Abstrak_142210246.pdf] Text
Abstrak_142210246.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_142210246.pdf] Text
Halaman Pengesahan_142210246.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of Daftar Isi_142210246.pdf] Text
Daftar Isi_142210246.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_142210246.pdf] Text
Daftar Pustaka_142210246.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Fulltext_142210246.pdf] Text
Fulltext_142210246.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media influencer, fear of missing out (FoMO), dan pengetahuan investasi terhadap minat investasi Generasi Z di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Generasi Z sebagai kelompok demografis yang mulai aktif dalam dunia investasi menunjukkan perilaku investasi yang dipengaruhi oleh berbagai faktor psikologis dan sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus cochran sehingga didapatkan sampel minimum sebesar 96. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada sampel Generasi Z di wilayah tersebut yang didapatkan sebesar 110 responden lalu dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media influencer, FoMO, dan pengetahuan investasi secara positif dan signifikan memengaruhi minat investasi Generasi Z. Social media influencer berperan sebagai sumber inspirasi dan informasi yang mendorong minat investasi, sementara FoMO memicu ketertarikan karena kekhawatiran tertinggal peluang investasi. Selain itu, pengetahuan investasi yang memadai meningkatkan keyakinan dan ketertarikan untuk berinvestasi. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan strategi komunikasi dan edukasi investasi yang tepat sasaran untuk meningkatkan partisipasi investasi di kalangan generasi muda.

Kata kunci: social media influencer, fear of missing out (FoMO), pengetahuan investasi, minat investasi, Generasi Z.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Galih Surya Ramadhan (Penulis - 142210246) Afni Sirait (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: social media influencer, fear of missing out (FoMO), pengetahuan investasi, minat investasi, Generasi Z.
Subjek: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Akuntansi
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 03 Oct 2025 01:56
Last Modified: 03 Oct 2025 01:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/44029

Actions (login required)

View Item View Item