Mohammmad Rizki Ramadhan, RIZKI (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KNOWLEDGE OF INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA UMKM YANG DI MEDIASI KECERDASAN KOMPETITIF PADA UMKM PENGGUNA E-COMMERCE DI BANTUL. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.
![]() |
Text
1. Skripsi Fulltext_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
2. Cover_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
3. Abstrak_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
4. Lembar Pengesahan_141180098_Mohammmad Rizki Ramadhan.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
6. Daftar Pustaka_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
5. Daftar Isi_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf Download (613kB) |
Abstract
Pertumbuhan ekonomi didukung oleh pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan banyak UMKM yang menggunakan pemasaran digital. Adanya aspek digital marketing untuk membantu pemasaran diperlu adanya penunjangan knowledge of information technology untuk pengoptimalan Kecerdasan Kompetitif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM pengguna e-commerce yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Sampel yang digunakan berjumlah 49 UMKM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis digital marketing, knowledge of information technology, kecerdasan kompetitif dan kinerja pada UMKM pengguna e-commerce Metode pengambilan data purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan metode SEM berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya variabel yang berpengaruh signifikan yaitu knowledge of information technology terhadap kecerdasan kompetitif, kecerdasan kompetitif terhadap kinerja, dan kecerdasan kompetitif memidiasi secara parsial terhadap digital marketing dengan kinerja. Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan yakni digital marketing terhadap kecerdasan kompetitif, digital marketing terhadap kinerja, knowledge of information technology terhadap kinerja dan variabel kecerdasan kompetitif tidak dapat memidiasi digital marketing terhadap kinerja.
Item Type: | Tugas Akhir (Tugas Akhir) |
---|---|
Additional Information: | MOHAMMAD RIZKI RAMADHAN (PENULIS - 14118009 : SABIHAINI (PEMBIMBING 1) : ABDUL GHOFAR (PEMBIMBING 2) |
Uncontrolled Keywords: | Digital Marketing, Knowledge of Information Technology, Kinerja, Kecerdasan kompetitif, SEM PLS |
Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen |
Depositing User: | Bayu Pambudi |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 06:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 06:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43877 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |