PERTIWI, REIFIKA SHIELI (2025) MEDIASI PRODUCT MENTAL IMAGE PADA PENGARUH ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK KOSMETIK “MOTHER OF PEARL BEAUTY” DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
![]() |
Text
2_Cover_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
3_Abstrak_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
4_Halaman Pengesahan_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
5_Daftar Isi_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
6_Daftar Pustaka_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
1_Skripsi full_141210145_Reifika Shieli Pertiwi.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh online
consumer review (OCR) terhadap purchase intention (PI) dengan product mental
image (PMI) sebagai variabel mediasi pada konsumen produk kosmetika Mother of
Pearl Beauty di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan
adalah survei dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
melalui kuesioner daring (Google Form) dengan 135 responden sebagai sampel
yang merupakan konsumen produk kosmetika Mother of Pearl Beauty di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode
Partial Least Squares (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4.0.
Analisis PLS digunakan untuk menguji hubungan langsung dan tidak langsung
antara variabel penelitian, serta menguji peran mediasi product mental image. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) online consumer review berpengaruh positif dan
signifikan terhadap purchase intention produk kosmetika Mother of Pearl Beauty
di Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) online consumer review berpengaruh positif dan
signifikan terhadap product mental image, 3) product mental image berpengaruh
positif dan signifikan terhadap purchase intention, 4) product mental image
berperan sebagai mediasi pengaruh online consumer review terhadap purchase
intention. Hasil ini memberikan implikasi penting bagi perusahaan kosmetika
dalam mengelola ulasan daring dan membangun citra mental produk yang positif di
mata konsumen.
Keyword: Online Consumer Review, Purchase Intention, Product Mental Image,
Mother of Pearl Beauty
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online Consumer Review, Purchase Intention, Product Mental Image, Mother of Pearl Beauty |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:37 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:37 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/42669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |