INTERAKSI PARASOSIAL SEBAGAI EFEK KOMUNIKASI (STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU PENGGEMAR TOMORROW X TOGETHER DI YOGYAKARTA)

Novatma, Brigitta Etna (2024) INTERAKSI PARASOSIAL SEBAGAI EFEK KOMUNIKASI (STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU PENGGEMAR TOMORROW X TOGETHER DI YOGYAKARTA). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Cover_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Abstrak_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Abstrak_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Daftar Isi_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Daftar Pustaka_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Skripsi FullText_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf] Text
Skripsi FullText_153190058_Brigitta Etna Novatma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Korea Selatan merupakan negara yang selalu menarik untuk dibahas. Berbagai topik menarik diangkat dari negara ini, salah satunya adalah kebudayaan. K-Pop menjadi salah satu konten kebudayaan Korea Selatan yang sudah masuk menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Indonesia sendiri menduduki urutan pertama menurut laporan Good Stats, sebagai negara dengan penggemar K-Pop terbanyak di dunia pada Tahun 2022. Tentu saja hal ini menarik penulis untuk menjelajahi kasus komunikasi yang ada diantara maraknya budaya K-Pop. Salah satunya adalah kasus dampak komunikasi yang berkaitan dengan ilmu psikologi juga yaitu interaksi parasosial. Interaksi parasosial ini menurut penulis masih jarang diangkat menjadi topik penelitian, dan melalui riset yang sudah penulis lakukan interaksi parasosial berkaitan erat dengan penggemar. Penelitian ini meneliti lebih lanjut interaksi parasosial yang ada didalam penggemar dalam kaitannya sebagai efek komunikasi, penulis mengambil studi kasus pada perilaku penggemar Tomorrow X Together. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan fenomenologi, dan hasil yang penulis dapatkan adalah media baru dalam bentuk media sosial dimanfaatkan oleh idola untuk berkomunikasi dengan penggemarnya, penggemar menerima pesan dan terjadi interpretasi, hasil interpretasi inilah yang mewujudkan interaksi parasosial. Interaksi parasosial terjadi dalam diri informan di tingkat atas. Loyalitas, fanatisme dan resepsi adalah wujud nyata yang ditemukan dari adanya interaksi parasosial.

Kata Kunci: Interaksi parasosial; komunikasi; efek komunikasi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Interaksi parasosial; komunikasi; efek komunikasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 09 Dec 2024 01:17
Last Modified: 09 Dec 2024 01:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41828

Actions (login required)

View Item View Item