ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK ZALORA PADA MEDIA INTERNET DILIHAT DARI KONSEP AIDA (Studi pada pengguna internet di warung internet Caca Babarsari Yogyakarta)

Purba, Fandi Hatoguan (2013) ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PRODUK ZALORA PADA MEDIA INTERNET DILIHAT DARI KONSEP AIDA (Studi pada pengguna internet di warung internet Caca Babarsari Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Fandi Hatoguan Purba.pdf] Text
Fandi Hatoguan Purba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf] Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of Halaman_pengesahan.pdf] Text
Halaman_pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman_Judul.pdf] Text
Halaman_Judul.pdf

Download (180kB)

Abstract

v
ABSTRAKSI
Fandi Hatoguan Purba. 2013. Judul skripsi “Analisis Efektivitas Iklan
Produk Zalora Pada Media Internet Dilihat Dari Konsep AIDA (Studi pada
pengguna internet di warung internet Caca Babarsari Yogyakarta)”,
Pembimbing I Sauptika Kancana SS., M.si., Pembimbing II Ida Susi Dewanti
S.sos., M.si.
Dilihat dari segi kegunaan, jaringan internet digunakan sebagai sasaran
utama alat bantu pencarian informasi maupun alat kegiatan pemasaran dan
komunikasi. Pengguna internet menggunakan internet tersebut sebagai akses
untuk mencari informasi, media bisnis maupun kegiatan pemasaran, yang
biasanya disebut e-commerce dan e-business. Hal ini dinilai dapat memberikan
keuntungan bagi konsumen maupun perusahaan.
Iklan online biasanya terdapat pada sebuah website yang dibuat oleh
perusahaan yang bertujuan untuk kegiatan promosi. Untuk menghasilkan iklan
yang baik selain memperhatikan struktur iklan diperlukan juga konsep promosi,
yaitu AIDA. Yang meliputi empat unsur, pertama, Attention berarti bahwa iklan
harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Kedua, Interest yang mana
iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan
lebih jauh. Ketiga, Desire bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan
keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Keempat, Action
mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli
agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung warung
internet Caca yang menggunakan media internet pada saat peneliti berada di
lokasi penelitian untuk menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang telah
diketahui secara pasti berdasarkan pada rumus yang diajukan yakni sebesar 82
responden. Peneliti menggunakan teknik probability sampling dimana systematic
random sampling sebagai teknik penarikan sampelnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan pada media internet jika dilihat
dari konsep AIDA pada pengguna Warnet Caca Babarsari dinilai cukup efektif
karena nilai seluruh tahapan AIDA berada pada rentang skala 2,6 sampai 3,4.
Nilai yang diperoleh dari skor tertinggi dari keseluruhan tahapan AIDA yaitu
dengan skor 3,2 yang diperoleh dari tahap attention, diikuti tahap interest dengan
skor 3,0. Tahap desire memiliki skor 2,9 dan tahap action sebesar 2,8. Dan saran
bagi pemasang iklan memperhatikan hal yg berkaitan tentang keamanan transaksi
dan kejujuran dalam mengiklankan produknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Nov 2024 02:30
Last Modified: 12 Nov 2024 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/41607

Actions (login required)

View Item View Item