ANALISIS NARATIF KONTEN VIDEO TIKTOK RANIA MAHESWARI YAMIN @RANIAAYAMIN DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING

Lestari, Fitri Ayu (2024) ANALISIS NARATIF KONTEN VIDEO TIKTOK RANIA MAHESWARI YAMIN @RANIAAYAMIN DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 1._SKRIPSI_FULLTEXT_1532001.PDF] Text
1._SKRIPSI_FULLTEXT_1532001.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 2._COVER_153200125_FITRI_AY.PDF] Text
2._COVER_153200125_FITRI_AY.PDF

Download (135kB)
[thumbnail of 4._LEMBAR_PENGESAHAN_153200.PDF] Text
4._LEMBAR_PENGESAHAN_153200.PDF

Download (321kB)
[thumbnail of 5._DAFTAR_ISI_153200125_FIT.PDF] Text
5._DAFTAR_ISI_153200125_FIT.PDF

Download (405kB)
[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (152kB)

Abstract

xiii
ABSTRAK
Media sosial sebagai sarana berinterkasi, juga dimanfaatkan untuk membangun
personal branding oleh content creator. Keahlian dalam membangun personal
branding harus dimiliki bagi seorang content creator agar menjadi hal yang
membedakan satu content creator dengan content creator lainnya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui struktur serta yang ada pada narasi Rania Maheswari
Yamin dalam konten video TikTok dengan akun @raniaayamin dalam usahanya
membangun personal branding. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teori analisis naratif yang dicetuskan oleh Tzvetan Todorov serta delapan unsur
konsep personal branding dari Peter Montoya. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis naratif. Hasil dari
penelitian ditemukan bahwa alur cerita yang ada di dalam narasi Rania Yamin tidak
semuanya memiliki alur kronologis namun tetap dapat mendukung pendengar
untuk memahami alur cerita dari narasi Rania Yamin dan mempercayai cerita yang
disampaikan oleh Rania Yamin. Dalam konsep personal branding, setidaknya
Rania Yamin memenuhi tujuh dari delapan konsep utama pembentuk personal
branding dari Peter Montoya. Hal ini dibuktikan melalui narasi di dalam konten
dan visualisasi yang digunakan oleh Rania Yamin di dalam kontennya. Personal
branding yang dibangun oleh Rania Yamin adalah seorang content creator dengan
latar belakang keluarga bangsawan dan pahlawan yang gemar berkebaya.
Kata kunci: TikTok, Rania Yamin, Naratif, Citra Diri
xiv
ABSTRACT
Social media, as a means of interaction, is also used to build personal branding by
content creators. Skills in building personal branding must be possessed by a
content creator so that it becomes something that differentiates one content creator
from another. This research aims to determine the structure and existing narratives
of Rania Maheswari Yamin in TikTok video content with the account
@raniaayamin in her efforts to build personal branding. The theory used in this
research is the narrative analysis theory coined by Tzvetan Todorov and the eight
elements of the personal branding concept from Peter Montoya. The research
method used is a qualitative research method with a narrative analysis approach.
The results of the research found that the story lines in Rania Yamin's narrative do
not all have a chronological plot but can still support listeners to understand the
storyline of Rania Yamin's narrative and believe the story told by Rania Yamin. In
the concept of personal branding, at least Rania Yamin fulfills seven of the eight
main concepts that form personal branding from Peter Montoya. This is proven
through the narrative in the content and the visualization used by Rania Yamin in
her content. The personal branding was built by Rania Yamin, a content creator
with a noble family background and a hero who likes to wear kebaya.
Keywords: TikTok, Rania Yamin, Narrative, Personal Branding

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: TikTok, Rania Yamin, Narrative, Personal Branding
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:51
Last Modified: 29 Aug 2024 03:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40883

Actions (login required)

View Item View Item