PENERAPAN METODE THINK ALOUD DAN HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI ACCESS BY KAI DALAM MENINGKATKAN USABILITY (Studi kasus di PT Kereta Api Indonesia, Bandung)

FITRIANINGRUM, SABRINA NUGRHANI (2024) PENERAPAN METODE THINK ALOUD DAN HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI ACCESS BY KAI DALAM MENINGKATKAN USABILITY (Studi kasus di PT Kereta Api Indonesia, Bandung). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 122200031_COVER.pdf] Text
122200031_COVER.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 122200031_ABSTRAK.pdf] Text
122200031_ABSTRAK.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 122200031_LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
122200031_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 122200031_DAFTAR ISI.pdf] Text
122200031_DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 122200031_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
122200031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of 122200031_SKRIPSI FULL.pdf] Text
122200031_SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PT KAI meluncurkan aplikasi mobile dengan nama KAI Access untuk
menunjang pelayanan terhadap konsumen. Perusahaan telah melakukan beberapa
kali pembaruan hingga sekarang pada versi 6.4.1 dan berubah nama menjadi
Access by KAI. Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apps
Store. Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada calon
penumpang dalam mengakses dan melakukan transaksi pembelian tiket secara
online. Terjadi penurunan rating yang cukup signifikan pada aplikasi KAI Access.
Pada tahun 2024 rating tersebut turun hingga mencapai 2,2 di Play Store. Rating
yang diberikan oleh pengguna tersebut terbilang cukup rendah dan terdapat
banyak ulasan berupa kritik terhadap aplikasi seperti button e-bording pass yang
sulit untuk ditemukan, beberapa fitur yang tidak perlu, dan fitur filter yang dirasa
kurang efektif. Ulasan-ulasan tersebut berkaitan dengan aspek-aspek usability
yang merepresentasikan kemudahan penggunaan, efektivitas, dan kepuasan
pengguna terhadap aplikasi.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat usability dan
memberikan usulan perbaikan pada aplikasi Access by KAI. Think aloud dan
heuristic evaluation adalah dua pendekatan yang digunakan untuk melakukan
penelitian ini. Selain itu penelitian ini, dilakukan oleh 30 responden untuk
mengetahui perbedaan antara kedua metode. Responden yang dipilih dengan
rentang usia 17-31 tahun.
Hasil dari penelitian ini diperoleh tingkat usability dari aplikasi Access by
KAI sebesar 80,24% menggunakan metode think aloud dan 81,13% menggunakan
metode heuristic evaluation. Severity rating rata-rata masalah setiap aspek
usability yang diidentifikasi menggunakan metode think aloud dan heuristic
evaluation tidak terdapat perbedaan yang signifikan (P>0,005). Setelah dilakukan
pengujian diberikan ditemukan beberapa masalah dengan tingkat severity rating 4
atau masalah yang penting untuk diperbaiki antara lain fitur bantuan yang sulit
untuk diakses, lokasi penjemputan yang terbatas, dan ukuran font yang terlalu
kecil. Sehingga diberikan beberapa usulan perbaikan fitur bantuan dibuat dalam
bentuk live chat, menambahkan lokasi penjemputan, menambahkan peringatan
ketika jaringan yang digunakan tidak stabil, dan memperbesar font pada informasi
penting.
Kata kunci: mobile apps, usability, think aloud, heuristic evaluation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: mobile apps, usability, think aloud, heuristic evaluation.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:30
Last Modified: 21 Aug 2024 02:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40772

Actions (login required)

View Item View Item