KESUMA, FAJRIN LARAS (2024) ANALISIS STRATEGI BERSAING SENDER COFFEE DENGAN MENGGUNAKAN MATRIX SWOT DAN QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX) STUDI KASUS PADA SENDER COFFEE DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Download (517kB) |
|
Text
COVER_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Download (551kB) |
|
Text
Daftar Isi_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Download (678kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Download (628kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Download (62kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152170099_Fajrin Laras Kesuma.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
VIII
ABSTRAKSI
Fajrin Laras Kesuma, Fajrin Laras Kesuma, Nomor Mahasiswa 152170099,
Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Analisis Strategi
Bersaing Sender Coffee dengan Menggunakan Matrix SWOT dan QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix): (Studi Kasus Pada Sender Coffee di
Yogyakarta), 2024. Dosen Pembimbing Indro Herry Mulyanto.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bersaing yang efektif bagi
Sender Coffee menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Metode penelitian yang
digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua alternatif strategi yang dapat
diterapkan oleh Sender Coffee berdasarkan analisis SWOT. Posisi Sender Coffee di
dalam diagram SWOT menunjukkan adanya peluang untuk memaksimalkan
penggunaan ruang pada outlet dengan menyesuaikan konsep sebagai personal space
untuk meningkatkan pangsa pasar. Prioritas strategi yang dihasilkan dari Matriks
QSPM mengarahkan pada pemanfaatan optimal dari ruang yang ada untuk
meningkatkan daya tarik dan kenyamanan pelanggan.
Penelitian ini menekankan beberapa saran untuk meningkatkan kinerja Sender
Coffee. Pertama, menjaga dan mengontrol ruang yang ada dengan lebih
memperhatikan kebutuhan pelanggan akan kursi dan kebersihan tempat. Kedua,
membentuk tim khusus untuk menjaga kualitas bahan bau melalui quality control,
guna mengantisipasi fluktuasi harga bahan baku dan mempertahankan keunggulan
kompetitif. Ketiga, menawarkan promo untuk member card guna meningkatkan
loyalitas pelanggan dan penjualan. Terakhir, mendorong karyawan untuk menjadi
pemasar dengan membagikan konten promosi Sender Coffee di media sosial
mereka.
Penelitian ini menekankan pentingnya manajemen strategi dalam formulasi strategi
bersaing, khususnya melalui analisis SWOT dan QSPM, untuk menghadapi
tantangan kompetisi dan memaksimalkan potensi bisnis Sender Coffee.
Kata Kunci : Manajemen strategi, Formulasi Strategi, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen strategi, Formulasi Strategi, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 02:00 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 02:00 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40509 |
Actions (login required)
View Item |