NIRWIGHUNA, INGGITA (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATRIKS SWOT DAN QSPM PADA UMKM (Studi pada UMKM Yanti Bathok Craft). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Cover_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Download (101kB) |
|
Text
Abstrak_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Download (112kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Download (347kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Download (61kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Download (179kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200080_Inggita Nirwighuna.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Inggita Nirwighuna, Nomor Mahasiswa 152200080, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Analisis Strategi
Pengembangan Usaha Dengan Menggunakan Model Matriks SWOT Dan QSPM
Pada UMKM (Studi Pada UMKM Yanti Bathok Craft)” Pembimbing Rosalia Dwi
Fadma Tjahjanti.
Pengembangan suatu usaha ditentukan oleh kemampuan suatu perusahaan
dalam membangun strategi. Setiap perusahaan harus menggunakan strategi untuk
mengembangkan usahanya. UMKM Yanti Batok Craft merupakan salah satu
UMKM di Kabupaten Bantul yang bergerak di sektor ekonomi kreatif. Dari data
penjualan pada tahun 2018-2020 mengalami lonjakan penurunan yang signifikan
karena pandemi covid-19, dan pada tahun 2020-2023 belum mampu memperbaiki
pendapatan dan mengembalikan kestabilan perusahaan seperti pada saat sebelum
terjadinya Pandemi covid-19. Selain faktor tersebut, melihat potensi yang dimiliki
UMKM Yanti Bathok Craft sangat disayangkan apabila produk yang dimiliki
belum cukup dikenal masyarakat pada umumnya, karena saat ini perusahaan masih
bergantung pada mitra tetap. Pemilihan strategi pengembangan usaha yang tepat
dapat meningkatkan pendapatan dan meningkatkan visibilitas pasar.
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui posisi UMKM Yanti Bathok
Craft berdasarkan matriks SWOT dan menyusun strategi pengembangan usaha
yang tepat bagi UMKM Yanti Batok Craft berdasarkan metode analisis matriks
QSPM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner
tertutup terhadap sepuluh informan. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap
yang meliputi Tahap Input (Input stage): Matriks IFE dan EFE, Tahap Pencocokan
(Matching Stage): Diagram SWOT dan Matriks SWOT, dan Tahap Keputusan
(Decision Stage): QSPM (Quanttitive Strategic Planning Matrix).
Hasil analisis diagram SWOT menyatakan bahwa posisi UMKM Yanti
batok Craft berada pada Kuadran I dengan hasil IFE sebesar 3,140 dan EFE sebesar
3,039. Dari hasil matriks SWOT diperoleh tiga alternatif strategi yang merupakan
strategi S-O (Strength-Opportunities), yaitu strategi penetrasi pasar dan strategi
pengembangan produk. Berdasarkan hasil QSPM, strategi pengembangan usaha
yang tepat adalah strategi penetrasi pasar dengan dengan memanfaatkan media soial
sebagai alat untuk meningkatkan promosi guna meningkatkan penjualan, selain itu
UMKM yanti Batok Craft juga dapat menjalin kerjasama dengan Influencer,
wedding organizer, atau penyelenggara tur kota sebagai upaya peningkatan
visibilitas pasar.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Bayu Setya Pambudi |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:20 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:20 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40454 |
Actions (login required)
View Item |