Susanti, Dwi Endarwati (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK GULA SEMUT ORGANIK PADA CV MENOREH POLITAN DI KELURAHAN KALIREJO KAPANEWON KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
Abstrak_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Download (202kB) |
|
Text
Cover_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Download (130kB) |
|
Text
Daftar Isi_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Download (198kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Download (173kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Download (532kB) |
|
Text
Skripsi Full_135200052_Dwi Endarwati Susanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
DWI ENDARWATI SUSANTI. 2024. Analisis Strategi Pemasaran Produk Gula
Semut Organik pada CV Menoreh Politan di Kelurahan Kalirejo Kapanewon Kokap
Kabupaten Kulon Progo. Dibimbing Oleh Budiarto.
ABSTRAK
Penelitian dilakukan pada CV Menoreh Politan yang berlokasi di Dusun Kalibuko
II, Kelurahan Kalirejo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini
bertujuan (1) untuk menganalisis faktor internal dan eksternal di CV Menoreh
Politan. (2) untuk menganalisis alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk
diterapkan pada kegiatan pemasaran di CV Menoreh Politan. (3) untuk
menganalisis keputusan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada
kegiatan pemasaran di CV Menoreh Politan. Metode penelitian menggunakan
metode deskriptif kuantitatif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode
purposive. Metode penentuan responden menggunakan purposive sampling. Jenis
data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu Forum Group Discussion (FGD), wawancara, kuesioner,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Internal Factor
Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-External (IE),
Matriks SWOT, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor internal kekuatan yaitu bahan baku
organik dan faktor internal kelemahan yaitu penjualan hanya menggunakan sistem
pre-order dan tidak ada target penjualan yang pasti. Faktor eksternal peluang yaitu
tersedianya pemasok bahan baku tetap dan faktor eksternal ancaman yaitu
kurangnya pemahaman konsumen Kulon Progo terkait produk gula semut. (2)
alternatif strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran
di CV Menoreh Politan yaitu strategi pengembangan produk. (3) keputusan strategi
pemasaran yang tepat untuk diterapkan pada kegiatan pemasaran di CV Menoreh
Politan yaitu membuat inovasi produk.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Gula Semut Organik, Faktor Internal, Faktor
Eksternal, SWOT, QSPM.
DWI ENDARWATI SUSANTI. 2024. Marketing Strategy Analysis of Organic Ant
Sugar Products at CV Menoreh Politan In Kalirejo Village, Kapanewon Kokap,
Kulon Progo Regency. Supervised by Budiarto.
ABSTRACT
The research was carried out at CV Menoreh Politan which is located in Kalibuko
II Hamlet, Kalirejo Village, Kapanewon Kokap, Kulon Progo Regency. The study
aims (1) to analyze internal and external factors at CV Menoreh Politan. (2) to
analyze alternative marketing strategies that are appropriate to be applied to
marketing activities at CV Menoreh Politan. (3) to analyze the appropriate
marketing strategy decisions to be applied to marketing activities at CV Menoreh
Politan. The research method uses a quantitative descriptive method. The location
determination method uses a purposive method. The method of determining
respondent uses purposive sampling method. The types of data used are primary
data and secondary data. The data collection methods used were Forum Group
Discussion (FGD), interview, questionnaires, observation, and documentation.
Data analysis technique used were Internal Factor Evaluation (IFE), External
Factor Evaluation (EFE), Internal-External (IE), SWOT Matrix, and Quantitative
Strategic Planning Matrix (QSPM). The results showed that (1) internal factors of
strength namely organic raw materials and internal factors of weakness is that sales
only use a pre-order system and there is no definite sales target. The External factor
of opportunity namely the availability of a permanent raw material supplier and
the external factor of threat is the lack of understanding of Kulon Progo consumers
regarding ant sugar products. (2) the appropriate alternative marketing strategy to
be implemented in the marketing activities at CV Menoreh Politan is the product
development strategy. (3) the appropriate marketing strategy decision to be
implemented in the marketing activities at CV Menoreh Politan is to create product
innovations.
Keywords : Marketing Strategy, Ant Sugar Organic, Internal Factors, External
Factors, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Strategy, Ant Sugar Organic, Internal Factors, External Factors, SWOT, QSPM |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 01:55 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 01:55 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40273 |
Actions (login required)
View Item |