PRASETYO, RORO SEKAR PUTRI YUNITA (2024) ANALISIS SWOT DAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DALAM STRATEGI BERSAING PADA UMKM KANG PRAM POULTRY SHOP. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Download (125kB) |
|
Text
3. Abstrak_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Download (169kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Download (202kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Download (176kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_152200005_Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo.pdf Download (190kB) |
Abstract
Roro Sekar Putri Yunita Prasetyo, Nomor Induk Mahasiswa 152200005,
Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian
“Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam
Strategi Bersaing Pada UMKM Kang Pram Poultry Shop”. Pembimbing
Rosalia Dwi Fadma Tjahjanti”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Kang Pram PS
berdasarkan analisis di tahap pencocokan menggunakan kuadran SWOT.
Penelitian juga bertujuan memberikan formulasi alternatif strategi berdasarkan
analisis SWOT dan untuk menentukan rekomendasi strategi prioritas berdasarkan
matriks QSPM. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek pada
penelitian adalah Kang Pram Poultry Shop. Sumber data dalam penelitian ini
adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara,
kuesioner, dan observasi. Data sekunder diperoleh dari laporan penjualan Kang
Pram PS dan dokumentasi. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 8
(delapan) informan yaitu pemilik perusahaan (owner) dan karyawan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu tahap input
menggunakan matriks EFE dan IFE, Tahap pencocokan menggunakan matriks
SWOT, dan tahap keputusan menggunakan matriks QSPM.
Hasil penelitian ini pada tahap input menyatakan terdapat 10 faktor kunci
eksternal dan 13 faktor kunci internal yang berpengaruh pada formulasi strategi
yang diolah pada matriks EFE sebesar 3,023 menunjukkan bahwa Kang Pram PS
mampu memanfaatkan peluang yang ada untuk meminimalisir ancaman dan total
nilai IFE sebesar 3,201 menunjukkan bahwa Kang Pram PS memiliki kekuatan
internal yang kuat dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki potensi kelemahan
yang ada. Pada tahap pencocokan terdapat 8 alternatif strategi bersaing hasil
pencocokan analisis faktor lingkungan eksternal dan internal, dan posisi Kang
Pram PS terdapat pada kuadran I yaitu growth oriented strategy, sehingga strategi
yang cocok untuk diterapkan yaitu strategi S-O (Strength-Opportunity). Hasil
prioritas strategi bersaing dari perhitungan matriks QSPM pada tahap keputusan
memperoleh hasil skor tertinggi yaitu meningkatkan promosi melalui media sosial
atau digital marketing dengan menonjolkan keunggulan produk dan pelayanan
yang baik untuk menarik pelanggan dengan TAS sebesar 6,134.
Berdasarkan hasil penelitian Kang Pram PS perlu adanya pemanfaatan
media sosial untuk memaksimalkan promosi, melakukan penguatan branding,
memanfaatkan teknologi modern untuk melakukan inovasi produk, dan
penambahan jumlah SDM untuk bidang marketing.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Matriks EFE, Matriks EFE, Matriks
SWOT, & Matriks QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Matriks EFE, Matriks EFE, Matriks SWOT, & Matriks QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md.SI Indah Lestari Wulan Aji |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 04:17 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 04:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39921 |
Actions (login required)
View Item |