ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION PADA APLIKASI MOBILE ZENIUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPECTATION CONFIRMATION DAN FLOW THEORY

Sinaga, Patrick Samuel Owen Saritua (2024) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CONTINUANCE INTENTION PADA APLIKASI MOBILE ZENIUS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPECTATION CONFIRMATION DAN FLOW THEORY. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf] Text
2. COVER_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf] Text
4. ABSTRAK_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf] Text
5. DAFTAR ISI SKRIPSI_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_124190058_PATRICK SAMUEL OWEN SARITUA SINAGA.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1. SKRIPSI FULL 124190058 PATRICK SAMUEL OWEN SARITAU SINAGA.pdf] Text
1. SKRIPSI FULL 124190058 PATRICK SAMUEL OWEN SARITAU SINAGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Zenius mengalami kenaikan jumlah pengguna hingga mencapai 20 juta pengguna pada
tahun 2021 (Sugandi, 2021). Kenaikan jumlah pengguna ini dapat menjadi negatif jika
pengembang Zenius tidak memikirkan bagaimana mengelola pertumbuhan jumlah
pengguna ini. Berdasarkan SimilarWeb, pada November 2023 hingga Februari 2024
ditemukan jumlah engagement pengguna cenderung menurun, penelitian yang dilakukan
Zarkasi dkk pada tahun 2022 juga menunjukkan tingkat retensi pada Zenius masih lebih
rendah dari target yang ingin dicapai, selain itu jika melihat dari ulasan pada aplikasi
Zenius banyak permasalahan yang dialami oleh pengguna seperti aplikasi yang sudah tidak
support ios 13, terdapat bug, sudah melakukan menyimpan pada try out namun tidak
tersimpan dan beberapa video materi yang hilang. Melihat ketiga permasalahan tadi maka
perlu dilakukan analisis terkait faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention to
use agar pengguna selalu menggunakan aplikasi mobile Zenius dalam waktu yang panjang
dan dapat bersaing dengan aplikasi yang serupa. Penelitian ini menggunakan adopsi model
yang dikembangkan oleh Wang dan Lin 2021, variabel-variabel yang digunakan pada
model ini yaitu confirmation, perceived skill, perceived challenge, perceived usefulness,
user satisfaction, flow experience, habit, dan continuance intention to use. Data didapatkan
dengan menyebarkan kuesioner melalui google form dan didapatkan 169 responden dengan
data yang valid sebanyak 112. Data diolah menggunakan SmartPLS untuk analisis
deskriptif dan analisis statistik. Hasil dari penelitian menyimpulkan 7 hipotesis dari 13
hipotesis dapat diterima. Faktor-faktor yang mempengaruhi continuance intention to use
yaitu user satisfaction dan flow experience kemudian user satisfaction dipengaruhi oleh
perceived usefulness dan flow experience selanjutnya perceived usefulness dipengaruhi
oleh confirmation dan terakhir flow experience dipengaruhi oleh confirmation dan
perceived challenge.
Kata Kunci : Continuance Intention to Use, Zenius, Expectation Confirmation Model
(ECM), SmartPLS

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Continuance Intention to Use, Zenius, Expectation Confirmation Model (ECM), SmartPLS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:12
Last Modified: 13 Jun 2024 02:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39746

Actions (login required)

View Item View Item