DIVALENT, ADINDA VANESSA (2024) PENGGUNAAN MODEL ANALISIS SWOT DAN QSPM DALAM MEMBANGUN STRATEGI PEMASARAN UNTUK STARTUP (Studi Pada Perusahaan Startup Educourse.id PT Maleo Edukasi Teknologi). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Text
Abstrak_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Download (238kB) |
|
Text
Cover_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Download (267kB) |
|
Text
Daftar Isi_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Download (250kB) |
|
Text
Daftar Pustaka_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Download (242kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Download (437kB) |
|
Text
Skripsi Fulltext_152200078_Adinda Vanessa Divalent.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Adinda Vanessa Divalent, Nomor Mahasiswa 152200078, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Penggunaan Model
Analisis SWOT dan QSPM dalam Membangun Strategi Pemasaran untuk Startup
(Studi Pada Perusahaan Startup Educourse.id PT. Maleo Edukasi Teknologi).
Dosen Pembimbing Humam Santosa Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi kuadran pada Educourse.id
sebelum dilakukannya perumusan strategi alternatif, untuk menganalisis dan
merumuskan strategi alternatif yang tepat bagi Educourse.id, untuk mengetahui
urutan prioritas strategi alternatif bagi Educourse.id, dan untuk mengetahui strategi
pemasaran yang relevan terhadap strategi alternatif di Educourse.id. Metode
penelitian ini menggunakan mix method. Sumber data yang digunakan adalah data
primer yaitu dengan melakukan wawancara yang terdiri dari 6 (enam) informan dan
data sekunder yang diperoleh dari penelitian terdahulu. Teknik analisis data
menggunakan perumusan strategi menurut David (2016) yang diformulasikan
menjadi 3 (tiga) tahapan analisis data meliputi Tahap Input menggunakan matriks
IFE dan matriks EFE, Tahap Pencocokan menggunakan matriks SWOT, dan Tahap
Keputusan menggunakan matriks QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menunjukkan bahwa Educourse.id berada di
kuadran I yang mendukung strategi agresif, sehingga pada posisi tersebut strategi
yang cocok digunakan Educourse.id yaitu SO (Strength-Opportunity). Prioritas
strategi yang dihasilkan Educouse.id adalah mengembangkan program baru yang
kreatif dan inovatif dengan menggunakan teknologi terkini untuk memenuhi
berbagai kebutuhan masyarakat dengan TAS 5,656.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada pihak
Educourse.id yaitu dengan memaksimalkan pengembangan program baru yang
kreatif dan inovatif dengan menggunakan teknologi terkini untuk memenuhi
berbagai kebutuhan masyarakat. Adapun agar strategi alternatif dapat berjalan,
maka peneliti menyarankan untuk menerapkan strategi alternatif yang mengacu
pada bauran pemasaran 7P.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Matriks IFE, Matriks EFE, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | A.Md Apriliani Kusuma Wardhani |
Date Deposited: | 29 May 2024 04:46 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39541 |
Actions (login required)
View Item |