Nurcahyanto, Rizky Dynanda (2024) STRATEGI PEMASARAN PRODUK SEMPE ARUMANIS MEREK ARIANA MENGGUNAKAN MATRIKS SWOT DAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1. Fulltext_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. Cover_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. Abstrak_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Download (576kB) |
|
Text
5. Daftar Isi_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Download (938kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_152190052_Rizky Dynanda Nurcahyanto.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rizky Dynanda Nurcahyanto, Nomor Induk Mahasiswa 152190052, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univesitas Pembangunan Nasional
“Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian Strategi Pemasaran Sempe Arumanis Merek Ariana
Menggunakan Matriks SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Pembimbing Ibu Sauptika
Kancana sebagai pembimbing I.
Sektor industri makanan dan minuman di Yogyakarta beberapa tahun terakhir tercatat
mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan industri tersebut mengakibatkan
persaingan yang ketat diantara pelaku usaha. Salah satu perusahaan yang berjuang dalam
persaingan tersebut adalah Sempe Arumanis Ariana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
formulasi strategi pemasaran yang sesuai untuk Sempe Arumanis Ariana dengan menggunakan
matriks SWOT serta menyusun Business Model Canvas yang baru dari perusahaan Sempe
Arumanis Ariana.
Penilitian ini menggunakan metode penelitian eksploratory sequential mixed methods.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Jumlah informan
penelitian ini sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek pada penelitian ini adalah Sempe
Arumanis Ariana. Teknik analisis menggunakan teknik formulasi strategi, dimana pada tahap
input digunakan matriks EFE dan IFE, tahap pencocokan menggunakan matriks SWOT dan
tahap terakhir pembuatan Business Model Canvas perusahaan yang baru.
Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan matriks EFE dan IFE menunjukan
posisi perusahaan pada kuadran SWOT berada di kuadran 1 (satu) yang mengindikasikan
strategi dalam tindakan yang perlu diambil oleh perusahaan adalah strategi intensif (penetrasi
pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Matriks SWOT menghasilkan 9
(sembilan) rekomendasi strategi yang terdiri dari 4 strategi (SO), 2 strategi (WO), 1 strategi
(ST), dan 2 strategi (WT). Berdasarkan rekomendasi tersebut dihasilkan Business Model
Canvas baru yang meliputi 7 blok pengembangan yaitu Customer Segment, Value
Propositions, Channels, Customer Relationships, Key Resources, Key Activities, dan Key
Partnerships.
Kata Kunci : Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business Model
Canvas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Strategi Pemasaran, Matriks SWOT, Business Model Canvas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 06:48 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 06:48 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/39177 |
Actions (login required)
View Item |