ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA LOKO COFFEE SHOP MALIOBORO, YOGYAKARTA

WILDAN, RAYYAN ADZKA (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA LOKO COFFEE SHOP MALIOBORO, YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1-Skripsi Full.pdf] Text
1-Skripsi Full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 2-Abstrak.pdf] Text
2-Abstrak.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of 3-Cover.pdf] Text
3-Cover.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 4-Lembar Pengesahan.pdf] Text
4-Lembar Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5-Daftar Isi.pdf] Text
5-Daftar Isi.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 6-Daftar Pustaka.pdf] Text
6-Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 5-Daftar Isi.pdf] Text
5-Daftar Isi.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor
lingkungan yang dijadikan persaingan pada usaha Loko Coffee Shop Malioboro. (2)
Merumuskan Blue Ocean Strategy yang menjadi alternatif strategi Loko Coffee Shop
Malioboro. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Metode pengambilan sampel menggunakan (1) purposive sampling yaitu pengambilan
sampel dengan tujuan tertentu. Sampel ini melibatkan 1 narasumber, yaitu Junior Manager
Sales on Train and Commercial Services PT. Reska Multi Usaha Branch Office 6
Yogyakarta; (2) accidental sampling yang diambil secara kebetulan ada di sutau lokasi
penelitian yang sesuai dengan konteks penelitian. Teknik sampel ini melibatkan 40
responden konsumen Loko Coffee Shop Malioboro. Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik
analisis menggunakan uji penilaian faktor kompetisi, kanvas strategi, dan kerangka kerja 4
langkah. Hasil penelitian ini menunjukan faktor persaingan yang diidentifikasi pada Loko
Coffee Shop Malioboro adalah faktor produk, faktor harga, faktor promosi, faktor
pelayanan, dan faktor fasilitas. Perumusan Blue Ocean Strategy menggunakan kanvas
strategi memenuhi tiga unsur strategi yang baik yaitu fokus pada peningkatan faktor
pelayanan; divergensi dengan adanya ide Signature Product: Manual Brewing Coffee,
Fasilitas ruangan: working space, dan inovasi produk: nasi goreng loko; dan memiliki
motto yang memikat yaitu “Medhang, Madhang, Jagongan”.
Kata kunci: Blue Ocean Strategy, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja 4 Langkah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja 4 Langkah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:24
Last Modified: 26 Feb 2024 08:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38975

Actions (login required)

View Item View Item