WILDAN, RAYYAN ADZKA (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA LOKO COFFEE SHOP MALIOBORO, YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1-Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
2-Abstrak.pdf Download (412kB) |
|
Text
3-Cover.pdf Download (304kB) |
|
Text
4-Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
|
Text
5-Daftar Isi.pdf Download (381kB) |
|
Text
6-Daftar Pustaka.pdf Download (414kB) |
|
Text
5-Daftar Isi.pdf Download (381kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor
lingkungan yang dijadikan persaingan pada usaha Loko Coffee Shop Malioboro. (2)
Merumuskan Blue Ocean Strategy yang menjadi alternatif strategi Loko Coffee Shop
Malioboro. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Metode pengambilan sampel menggunakan (1) purposive sampling yaitu pengambilan
sampel dengan tujuan tertentu. Sampel ini melibatkan 1 narasumber, yaitu Junior Manager
Sales on Train and Commercial Services PT. Reska Multi Usaha Branch Office 6
Yogyakarta; (2) accidental sampling yang diambil secara kebetulan ada di sutau lokasi
penelitian yang sesuai dengan konteks penelitian. Teknik sampel ini melibatkan 40
responden konsumen Loko Coffee Shop Malioboro. Metode pengumpulan data
menggunakan wawancara, kuesioner, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik
analisis menggunakan uji penilaian faktor kompetisi, kanvas strategi, dan kerangka kerja 4
langkah. Hasil penelitian ini menunjukan faktor persaingan yang diidentifikasi pada Loko
Coffee Shop Malioboro adalah faktor produk, faktor harga, faktor promosi, faktor
pelayanan, dan faktor fasilitas. Perumusan Blue Ocean Strategy menggunakan kanvas
strategi memenuhi tiga unsur strategi yang baik yaitu fokus pada peningkatan faktor
pelayanan; divergensi dengan adanya ide Signature Product: Manual Brewing Coffee,
Fasilitas ruangan: working space, dan inovasi produk: nasi goreng loko; dan memiliki
motto yang memikat yaitu “Medhang, Madhang, Jagongan”.
Kata kunci: Blue Ocean Strategy, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja 4 Langkah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blue Ocean Strategy, Kanvas Strategi, Kerangka Kerja 4 Langkah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:24 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38975 |
Actions (login required)
View Item |