Khairunnisa, Jihan Khansa (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SELINGAN FOODS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. SKRIPSI FULL_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Download (16kB) |
|
Text
3. COVER_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Download (74kB) |
|
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Download (530kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Download (114kB) |
|
Text
6. DAFTAR PUSTAKA_JIHAN KHANSA K_135180055.pdf Download (150kB) |
Abstract
Selingan Foods merupakan usaha yang bergerak pada olahan makanan yang
menawarkan produk mentai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor
lingkungan internal dan eksternal dalam pembuatan strategi pengembangan dan
mengidentifikasi strategi terbaik yang dapat diterapkan Selingan Foods. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan studi
kasus. Teknik pengumpulan data dengan FGD, wawancara, kuesioner dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis IE, analisis
SWOT dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor
internal kekuatan yaitu pelatihan karyawan, memiliki Sertifikasi Higiene Sanitasi
Pengelolaan Pangan, karyawan Selingan Foods bergabung ke Mampeer Coffee,
melakukan riset pasar, menggunakan sosial media, memperoleh bantuan modal,
adanya pencatatan keuangan, produk bervariasi, makanan sehat, bahan baku segar,
fasilitas produksi mendukung, inovasi produk. Kelemahan yaitu tugas karyawan
kurang jelas, tidak memiliki outlet, modal terbatas, umur simpan pendek, bahan
baku salmon mahal, belum bersertifikat halal. Faktor eksternal peluang yaitu
peminat mentai mahasiswa, Yogyakarta kota wisata, masyarakat mencoba makanan
modern, pioneer makanan mentai, lokasi dekat lingkungan usaha, terdapat
kebijakan pemerintah, mengikuti pameran dari pemerintah. Ancaman yaitu daya
beli tidak menentu, pendkiapatan rendah, tren tidak berkelanjutan, pengunjung
tidak membeli produk, kompetitor, dan banyak industri makanan. Strategi terbaik
yang dapat diterapkan oleh Selingan Foods adalah melakukan inovasi produk
menyesuaikan selera konsumen masa kini.
Kata kunci: Selingan Foods, Strategi, Faktor Internal Eksternal, SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Selingan Foods, Strategi, Faktor Internal Eksternal, SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:34 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/37396 |
Actions (login required)
View Item |