Ghasani, Nindya (2023) USULAN PERBAIKAN PELAYANAN KLINIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN LEAN DAN VALUE STREAM MAPPING (VSM) (Studi kasus di Klinik Sunat dr. Mahdian, Jatiasih, Bekasi). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
Text
1_SKRIPSI FULL_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2_ABSTRAK_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Download (27kB) |
|
Text
3_COVER_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Download (73kB) |
|
Text
4_LEMBAR PENGESAHAN_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Download (507kB) |
|
Text
5_DAFTAR ISI_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Download (18kB) |
|
Text
6_DAFTAR PUSTAKA_NINDYA GHASANI_122160102.pdf Download (77kB) |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan faktor penting dalam pelayanan kesehatan. Pasien
mengharapkan pelayanan yang efisien, tepat waktu, aman, dan berkualitas tinggi.
Kepuasan pasien dapat ditingkatkan dengan perbaikan pelayanan klinik. Penelitian ini
dilakukan di Klinik Sunat dr. Mahdian yang bertujuan untuk memberikan usulan perbaikan
pelayanan klinik dengan menggunakan pendekatan lean dan Value Stream Mapping
(VSM).
Penelitian ini menggunakan Value Stream Mapping (VSM) untuk mengidentifikasi
aktivitas Value Added (VA), Non-Value Added (NVA), dan Necessary Non-Value Added
(NNVA). Fishbone diagram digunakan untuk mengidentifikasi akar penyebab waste.
Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan untuk menentukan potensi
kegagalan berdasarkan nilai RPN dan membuat usulan perbaikan pelayanan klinik. Hasil
penelitian yang didapat yaitu waste yang teridentifikasi adalah waiting time. Presentase
aktivitas value added sebesar 44,46 %, non-value added sebesar 50,82%, dan necessary
non-value added sebesar 4,72%. Akar penyebab waste dari segi manusia yaitu pasien yang
datang tidak tepat waktu sesuai jadwal dan pasien yang datang secara bersamaan, dari segi
metode yaitu adanya punishment antrian, dari segi mesin yaitu kurangnya pemeliharaan
sistem, dari segi bahan yaitu penjelasan yang berulang dan dari segi lingkungan yaitu sibuk
dengan gadget. Aktivitas yang memiliki resiko tertinggi menimbulkan keluhan yaitu waktu
menunggu tindakan sunat.
Desain usulan perbaikan yang dibuat berupa future value stream mapping yang
dapat mengurangi cycle time pada aktivitas menunggu antrian tindakan sunat dari 630,3
detik menjadi 300 detik, waktu aktivitas menunggu antrian registrasi dari 222,37 detik
menjadi 150 detik, dan waktu aktivitas menunggu antrian pembayaran dari 106,27 detik
menjadi 60 detik. Lead time berkurang dari 1997,64 detik menjadi 1549,96 detik sehingga
mempengaruhi besar presentase pada aktivitas Value Added (VA) dari semula 44,46%
meningkat menjadi 57,38%.
Kata Kunci: Value stream mapping, Lean, Fishbone diagram, Failure Mode and Effect
Analysis
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Value stream mapping, Lean, Fishbone diagram, Failure Mode and Effect Analysis |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 08:33 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 08:33 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36506 |
Actions (login required)
View Item |