PENGARUH ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Pada UKM Sentra Industri Batik di Patehan, Kraton, Yogyakarta)

ANGELITA, FELINA (2023) PENGARUH ADOPSI E-COMMERCE TERHADAP KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DENGAN KEUNGGULAN KOMPETITIF SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Pada UKM Sentra Industri Batik di Patehan, Kraton, Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_FELINA ANGELITA_141190019-3.pdf] Text
ABSTRAK_FELINA ANGELITA_141190019-3.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_FELINA ANGELITA_141190019-4.pdf] Text
DAFTAR ISI_FELINA ANGELITA_141190019-4.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_FELINA ANGELITA_141190019-5.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_FELINA ANGELITA_141190019-5.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN_FELINA ANGELITA_141190019.pdf] Text
HALAMAN DEPAN_FELINA ANGELITA_141190019.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_FELINA ANGELITA_141190019-2.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN_FELINA ANGELITA_141190019-2.pdf

Download (669kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_FELINA ANGELITA_141190019.pdf] Text
SKRIPSI FULL_FELINA ANGELITA_141190019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja usaha
kecil dan menengah (UKM) dengan keunggulan kompetitif sebagai variabel moderasi. Metode
pengolahan data dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif
dan kuantitatif. Objek penelitian ini adalah UKM Sentra Industri Batik di Patehan, Kraton,
Yogyakarta. Waktu penelitian ini dilakukan pada Desember 2022. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik sensus yang menjadikan semua populasi akan menjadi
sampel yaitu sebanyak 67 UKM. Karakteristik responden dari 67 UKM dilihat dari jenis
kelamin sebagian besar adalah laki-laki. Dilihat dari kelompok usia, sebagian besar responden
berusia 26-33 tahun. Apabila dilihat dari jabatan, mayoritas adalah pemilik UKM, jika dilihat
dari lama berdiri, sebagian besar usaha ini berdiri selama 10-15 tahun dan apabila dilihat dari
pendidikan terakhir, sebagian besar pelaku usaha memiliki pendidikan terakhir S1. Teknik
analisis data pada penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan adopsi e-commerce terhadap kinerja UKM
Keunggulan kompetitif memoderasi pengaruh adopsi e-commerce terhadap kinerja UKM.
Kata Kunci : adopsi e-commerce, kinerja usaha kecil dan menengah (UKM), keunggulan
kompetitif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: adopsi e-commerce, kinerja usaha kecil dan menengah (UKM), keunggulan kompetitif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:18
Last Modified: 20 Jul 2023 06:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/36493

Actions (login required)

View Item View Item