Yudistira, Lovita (2023) PENGARUH NOVELTY SEEKING DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT BERPERILAKU (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke Objek Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
| 
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (118kB)  | 
          |
| 
              
Text
 COVER.pdf Download (62kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf Download (3MB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB)  | 
          |
| 
              
Text
 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (4MB)  | 
          |
| 
              
Text
 SKRIPSI_Lovita Yudistira_152180009.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          
Abstract
Lovita Yudistira, Nomor Induk Mahasiswa 152180009, Jurusan Ilmu 
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas 
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Novelty 
Seeking dan Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya 
pada Niat Berperilaku (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke 
Objek Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Pembimbing I Eny Endah 
Pujiastuti dan Pembimbing II Humam Santosa Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Novelty Seeking dan 
Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya pada Niat 
Berperilaku (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke Objek 
Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Populasi penelitian ini adalah seluruh 
wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata HEHA Ocean View 1 
kali kunjungan dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Tipe penelitian ini 
menggunakan explanatory dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu 
wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata HEHA Ocean View 1 
kali kunjungan. Ukuran sampel penelitian sebesar 145 responden yang diperoleh 
menggunakan perhitungan rumus Machin dan Campbell. Teknik sampling 
penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan 
teknik analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk data tabel dan 
persentase, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji 
Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel novelty seeking 
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, daya tarik wisata
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, novelty seeking berpengaruh 
signifikan terhadap niat berperilaku, daya tarik wisata berpengaruh signifikan 
terhadap niat berperilaku, kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap 
niat berperilaku, novelty seeking berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku
melalui kepuasan wisatawan, dan daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap 
niat berperilaku melalui kepuasan wisatawan. 
Berdasarkan hasil penelitian, pengelola objek wisata HEHA Ocean View 
dapat memperhatikan novelty seeking untuk membuat daya tarik yang ditawarkan 
dapat memberikan sesuatu hal yang baru dan berbeda dan memperhatikan daya 
tarik wisata agar atribut produk wisata yang ditawarkan unik dan menarik, serta 
memperhatikan kepuasan wisatawan agar wisatawan memiliki niat berperilaku 
dimasa yang akan datang pada objek wisata yang sama.
Kata Kunci: novelty seeking, daya tarik wisata, kepuasan wisatawan, dan niat 
berperilaku
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | novelty seeking, daya tarik wisata, kepuasan wisatawan, dan niat berperilaku. | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri | 
| Date Deposited: | 17 Feb 2023 07:58 | 
| Last Modified: | 17 Feb 2023 07:58 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32704 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
