Ramadani, Gladysia (2022) STRATEGI BRAND ACTIVATION MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MY SKIN BUT BETTER (MSBB)” DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Campaign #IndieBrandClub). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA GLADYSIA.pdf Download (244kB)  | 
          |
| 
              
Text
 HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI GLADYSIA.pdf Download (386kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Skripsi Full-Gladysia Ramadani-153150060.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAK GLADYSIA.pdf Download (13kB)  | 
          |
| 
              
Text
 COVER SKRIPSI GLADYSIA.pdf Download (216kB)  | 
          |
| 
              
Text
 daftar isi.pdf Download (286kB)  | 
          
Abstract
Persaingan industri di Indonesia saat ini semakin ketat, untuk menghadapinya tentu 
para produsen perlu melakukan strategi yang inovatif, kreatif dan berbeda dengan kompetitor 
produk sejenis. Permasalahan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi perencanaan 
brand activation My Skin But Better (MSBB) dalam upaya meningkatkan brand awareness, 
serta bagaimanakah sebuah campaign #IndieBrandClub dalam mengimplementasikan program 
brand activation oleh MSBB melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk untuk 
mengetahui perencanaan proses brand activation MSBB melalui campaign #IndieBrandClub
secara online di media sosial Instagram dalam membangun brand awareness. Konsep yang 
digunakan sebagai landasan penelitian adalah konsep strategi perencanaan brand activation
gagasan dari Tom Duncan (2008). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif 
kualitatif, dengan metode ini peneliti dapat menganalisis bagaimana brand activation MSBB
melalui campaign #IndieBrandClub dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang hendak 
dicapai. Hasil penelitian ini adalah, MSBB dalam melakukan brand activation menerapkan 
enam tahap perencanaan yang terdiri dari menentukan target audience, menganalisis SWOT, 
menentukan objektif pemasaran komunikasi, mengembangkan strategi dan taktik, menentukan 
anggaran, dan evaluasi efektivitas. Perencanaan tersebut kemudian dikemas pada sebuah 
campaign online #IndieBrandClub di Instagram yang menyuarakan tentang local beauty 
product sebagai bentuk local pride. Dengan melakukan proses tersebut akan menimbulkan 
ajakan dan experience konsumen saat berinteraksi secara online di Instagram, adanya 
koordinasi dan evaluasi terhadap campaign tersebut dianalisis secara digital melalui insight 
Instagram dan Iconosquare. Kelebihan strategi brand activation MSBB yaitu mampu 
menganalisis secara internal dan eksternal perusahaan, kelemahannya pelaksanaan tidak 
dilakukan secara berkala hanya pada social media milik MSBB saja. 
Kata Kunci: brand activation, MSBB, campaign #IndieBrandClub, brand awareness.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | brand activation, MSBB, campaign #IndieBrandClub, brand awareness. | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Eko Yuli | 
| Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:46 | 
| Last Modified: | 06 Oct 2022 01:46 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31307 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
