Harmade, Yessa Isbriyansa (2022) EVALUASI USABILITY MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) DAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) UNTUK MENILAI KEPUASAN PENGGUNA (STUDI KASUS: WEBSITE KEPENDUDUKAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Skripsi Fulltext_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
2. Cover_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Download (116kB) |
|
Text
4. Lembar Pengesahan_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. Daftar Isi_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Download (63kB) |
|
Text
6. Daftar Pustaka_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Download (146kB) |
|
Text
3. Abstrak_124180032_Yessa Isbriyansa Harmade.pdf Download (73kB) |
Abstract
Tingginya kepentingan akan pemanfaatan teknologi informasi diterapkan di berbagai
sektor organisasi termasuk lembaga pemerintahan atau biasa dikenal dengan e-government.
Website merupakan keberhasilan dalam pemanfaatan e-government. Website kependudukan
DIY (kependudukan.jogjaprov.go.id) adalah salah satu website yang dikelola oleh organisasi
pemerintahan daerah yakni Birotapem Setda DIY. Survey menunjukkan bahwa presentase
permasalahan yang dirasakan pengguna bernilai 72,6% (Buruk) dan 92% responden juga
berpendapat bahwa perbaikan pada antarmuka dan kualitas pengalaman pengguna website
Kependudukan DIY perlu dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa evaluasi usability website
Kependudukan DIY penting dilakukan guna mengetahui tingkat kebergunaan dan
kesesuaian terhadap tujuan website. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai
kepuasan pengguna website kependudukan DIY melalui evaluasi usability menggunakan
metode SUS dan UEQ. Kedua metode tersebut digunakan karena memiliki karakteristik
yang hampir sama serta atribut pada kedua metode dapat saling melengkapi untuk
mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Untuk membatasi luasnya evaluasi yang akan
dilakukan, maka penilaian dilakukan hanya pada menu Home dan Statistik. Pengumpulan
data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan tingkat kepuasan pengguna berdasarkan metode SUS memiliki rata-rata 61
dimana nilai tersebut masuk ke dalam kategori marginal, peringkat D, nilai sifat OK,
berperingkat persentil C dan NPS pada tingkat detractor, sementara evaluasi dari metode
UEQ menunjukkan nilai evaluasi positif pada aspek attractiveness (0,91) dan pragmatic
quality yaitu perpicuity (0,96), efficiency (0,93) & dependability (1,11) serta nilai netral pada
aspek hedonic quality yakni stimulation (0,74) & novelty (0,22). Berdasarkan hasil
penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa usability website Kependudukan DIY dari
pandangan pengalaman pengguna akhir cukup baik, namun secara umum kurang dapat
memuaskan pengguna dan memerlukan pengembangan dari beberapa aspek khususnya
kebaruan mengenai desain dan informasi yang tersaji dalam website.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kependudukan DIY penting dilakukan guna mengetahui tingkat kebergunaan dan kesesuaian terhadap tujuan website. |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 06:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 06:34 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30456 |
Actions (login required)
View Item |