Rahmany, Laras Gilang (2021) ANALISIS SEGMENTASI PENGGUNA PRODUK UMPAMA COFFEE & EATERY YOGYAKARTA DENGAN METODE POST-HOC (Studi pada pengguna produk Umpama Coffee & Eatery Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
| 
              
Text
 Skripsi Laras Gilang Rahmany 152170084 FULL Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB)  | 
          |
| 
              
Text
 ABSTRAKSI.pdf Download (169kB)  | 
          |
| 
              
Text
 COVER.pdf Download (200kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR ISI (1).pdf Download (28kB)  | 
          |
| 
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB)  | 
          |
| 
              
Text
 Lembar Pengesahan Laras.pdf Download (455kB)  | 
          
Abstract
Tujuan penelitian ini 
adalah untuk menemukan siapa saja segmen pengguna produk Umpama Coffe & 
Eatery Yogyakarta dengan melalui pendekatan metode Post-Hoc. Tumbuhnya 
kedai kopi yang menjamur di Indonesia terutama Yogyakarta, menyebabkan 
Umpama Coffe & Eatery harus bisa bersaing untuk memenangkan pasar, salah 
satunya adalah dengan melakukan pemasaran. Tetapi, sebelum melakukan 
pemasaran harus mengetahui segmentasi pasar yang ada. Umpama mengalami 
penurunan penjualan dimasa pandemi dan belum optimalnya kinerja dalam 
operasional termasuk di strategi pasar. Hal tersebut dikarenakan pemahaman 
tentang siapa segmen pasar mereka Umpama belum optimal selama operasional 
berlangsung. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang diperoleh 
dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Sumber data yang dipakai berupa 
data dari responden yang sudah pernah menggunakan produk Umpama. Metode 
yang dipakai untuk analisa data adalah pendekatan metode segmentasi Post-Hoc 
dan teknik analisis yang dipakai adalah two-steps clustering. Hasil analisis yang 
diperoleh dari responden menunjukkan bahwa segmentasi pengguna Umpama 
Coffe & Eatery Yogyakarta melalui metode Post-Hoc menghasilkan 3 segmen atau 
pembagian segmen. Pembagian segmen yang dihasilkan adalah Pleasure Seeker, 
The Needs, The Loyal yang mempunyai detail karakteristik berbeda-beda 
berdasarkan segmentasi post-hoc (pola pemakaian, kuantitas pemakaian, manfaat, 
dan kebutuhan yang belum terpenuhi) dan segmentasi profil pasar (demografis, 
geografis, psikografis dan perilaku). 
Kata kunci : Segmentasi Post-Hoc, Segmentasi Pengguna, Two Step 
Clustering
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Post-Hoc, Segmentasi Pengguna, Two Step Clustering | 
| Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences | 
| Depositing User: | Eny Suparny | 
| Date Deposited: | 13 Apr 2022 02:49 | 
| Last Modified: | 13 Apr 2022 02:58 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29478 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
