PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI KRISIS (Analisis Isi Akun Twitter @ganjarpranowo Sebagai Media untuk Komunikasi Krisis Covid-19)

Damayanti, Irma Nur (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI KRISIS (Analisis Isi Akun Twitter @ganjarpranowo Sebagai Media untuk Komunikasi Krisis Covid-19). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Fulltext_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
Skripsi Fulltext_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
Abstrak_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of Cover_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
Cover_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf

Download (334kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
DAFTAR ISI_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf] Text
Halaman Pengesahan_154180015_Irma Nur Damayanti.pdf

Download (309kB)

Abstract

Pandemi Covid-19 pertama kali muncul di Indonesia pada awal tahun 2020.
Pandemi ini memiliki dampak yang cukup besar terhadap kestabilan negara.
Banyak perubahan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Permasalahan
yang muncul akibat Covid-19 pun beragam, mulai dari persebaran
informasi, disinformasi atau hoax, hingga permasalahan khusus seperti
penimbunan kebutuhan medis dan pelanggaran kebijakan PPKM Darurat di
Jawa Tengah. Salah satu pejabat pemerintah yang melakukan komunikasi
krisis adalah Ganjar Pranowo melalui media sosial Twitter-nya. Akun
Twitter @ganjarpranowo diteliti menggunakan metode analisis isi
kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi krisis
yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan dengan didasarkan pada teori
Situational Crisis Communication (SCCT). Hasil dari penelitian ini yaitu
terdapat lima jenis strategi respons krisis, antara lain instructing
information, adapting information, diminishment strategy, rebuilding
strategy, dan bolstering strategy. Dalam penggunaanya, kelima strategi
tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dari lima strategi tersebut, akun
Twittter @ganjarpranowo cenderung menggunakan adapting strategy
dalam merespons krisis Covid-19 dengan presentase sebesar 85,71% atau
sebanyak 90 tweets dari total keseluruhan 105 tweets. Hal ini menunjukkan
bahwa akun Twitter @ganjarpranowo cenderung menggunakan strategi ini
sebagai upaya pemerintah untuk melindungi publik dari dampak psikis
akibat pandemi Covid-19.
Kata Kunci: Komunikasi Krisis, SCCT, Media Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Krisis, SCCT, Media Sosia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:28
Last Modified: 12 Apr 2022 07:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29477

Actions (login required)

View Item View Item