PENJADWALAN PERAWATAN MESIN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) ( Studi Kasus Pada Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia, Yogyakarta )

Afficena, Muhammad Safiq (2019) PENJADWALAN PERAWATAN MESIN PRODUKSI UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN MESIN DENGAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) ( Studi Kasus Pada Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia, Yogyakarta ). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

PC. GKBI (Pabrik Cambric Gabungan Koperasi Batik Indonesia) adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang pemintalan dan pentenunan (tekstil). Loom 2 merupakan departmen yang akan dijadikan objek penelitian kali ini. Permasalahan yang sering terjadi di bagian Loom 2 disebabkan oleh sebagian besar mesin mengalami downtime machine, dengan menganalisa penyebab serta frekuensi downtime diharapkan dapat meningkatkan kelancaran dan kinerja proses produksi. Metode RCM diharapkan dapat menetapkan schedule maintenance dan dapat mengetahui secara pasti tindakan kegiatan perawatan (maintenance task) yang tepat yang harus dilakukan pada setiap komponen mesin. Perawatan dilakukan untuk mencegah membengkaknya biaya produksi dan meminimalisir penggunaan sparepart yang berlebihan sehingga dapat memberikan kelancaran dan keuntungan bagi perusahaan. Dari hasil perhitungan didapatkan interval perawatan untuk komponen Weft fork 99,72 jam sekali, dan komponen Picker 209,91 jam sekali, dapat meningkatkan kehandalan dan perkiraan umur operasi komponen. Maka dapat diketahui biaya perawatan komponen sebelum dan sesudah perbaikan. Kata Kunci : Downtime Machine, Perawaatan Mesin, Reliability Centered Maintenance

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: S.IP NURUL ALIFAH RAHMAWATI
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:48
Last Modified: 15 Jul 2019 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20395

Actions (login required)

View Item View Item