ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Smartphone OPPO di OPPO Store, Jogjatronik Mall, Yogyakarta)

Saputro, Wisnu Kandu (2019) ANALISIS PENGARUH IKLAN TELEVISI TERHADAP BRAND AWARENESS DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Pelanggan Smartphone OPPO di OPPO Store, Jogjatronik Mall, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 6.. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
6.. ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (27kB)

Abstract

Wisnu Kandu Saputro, Nomor Mahasiswa 152140054, Jurusan Ilmu
Aministrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Analisis
Pengaruh Iklan Televisi terhadap Brand Awereness dan Dampaknya pada
Keputusan Pembelian” (Studi pada Pelanggan Smartphone OPPO di OPPO Store,
Jogjatronik Mall, Yogyakarta), 2018. Dosen Pembimbing Sigit Haryono dan
Hastho Joko NU.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Iklan Televisi terhadap
terhadap Brand Awereness dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ukuran
sampel pada penelitian ini 69 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah
Probability Sampling dengan Systematic Random Sampling untuk populasi tak
terhingga. Teknik analisis data menggunakan Analisis Statistik Deskriptif dan
Analisis Statistik Inferensial yang menggunakan metode statistik Path Analysis
(Analisis Jalur).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Iklan Televisi (X) berpengaruh
signifikan terhadap Brand Awereness (Z) dengan t-hitung sebesar 6,281 dan nilai
sig sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (1,669) dan nilai
sig < 0,10. Brand Awereness berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. t-hitung sebesar 8,338 dan nilai sig sebesar 0,000. Hal ini
menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (1,669) dan nilai sig < 0,10. Iklan Televisi
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian. t-hitung
sebesar 5,948 dan nilai sig sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung >
t-tabel (1,669) dan nilai sig < 0,10.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh positif yang
signifikan antara variabel Iklan Televisi (X) terhadap Brand Awareness (Z)
smartphone OPPO, Ada pengaruh positif yang signifikan antara variabel Brand
Awareness (Z) terhadap Keputusan Pembelian (Y) smartphone OPPO, Ada
pengaruh yang signifikan antara variabel Iklan Televisi (X) terhadap Keputusan
Pembelian (Y) smartphone OPPO dan Ada pengaruh yang signifikan antara
variabel Iklan Televisi (X) terhadap Keputusan Pembelian (Y) smartphone OPPO.
Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menggunakan ukuran sampel yang
lebih besar dengan kriteria yang lebih luas lagi dan mencakup semua elemen
populasi sehingga hasil yang diperoleh dapat lebih mencerminkan kondisi yang
sebenarnya, hasil mampu digeneralisasikan dan lebih representatif. Selain itu juga
dapat dilakukan dengan melakukan pengembangan terhadap model ini dengan
menambahkan variabel lain yang belum digunakan pada model penelitian ini.
Kata kunci : Iklan Televisi, Brand Awereness dan Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, Brand Awereness dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 02 Jul 2019 02:50
Last Modified: 17 Jan 2024 01:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/20068

Actions (login required)

View Item View Item