STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS BALAP SEPEDA DALAM MEMBINA ANAK MUDA MENJADI ATLET DOWNHILL BERBAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Studi Deskriptif Kualitatif pada “DIY Sport Cycling”)

REZZA ADYTYA, MOHAMMAD (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PENGURUS BALAP SEPEDA DALAM MEMBINA ANAK MUDA MENJADI ATLET DOWNHILL BERBAKAT DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Studi Deskriptif Kualitatif pada “DIY Sport Cycling”). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI Moh Rezza A.pdf] Text
SKRIPSI Moh Rezza A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Ringkasan Moh Rezza.pdf] Text
Ringkasan Moh Rezza.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of Daftar Isi Moh Rezza.pdf] Text
Daftar Isi Moh Rezza.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of Lembar pengesahan Muh Rezza.pdf] Text
Lembar pengesahan Muh Rezza.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar pustaka.pdf] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Judul Moh Rezza.pdf] Text
Judul Moh Rezza.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Komunikasi Pengurus Balap Sepeda Dalam Membina Anak Muda
Menjadi Atlet Downhill Berbakat Di Daerah Istimewa Yogyakarta ( Studi Deskriptif Kualitatif pada
“DIY Sport Cycling”)”, bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan pengurus balap
sepeda di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam membina anak muda, untuk mengetahui faktor
pendukung dan hambatan komunikasi pada kegiatan pembinaan atlet. Tipe penelitian ini adalah
kualitatif eksploratif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data mengguanakan wawancara langsung ke narasumber, observasi
dilapangan, dan dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada pengurus DIY Sport
Cycling, pelatih balap sepeda, atlet yang bersangkutan dan orang tua atlet. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan semua narasumber, menunjukan bahwa
komunikasi yang dilakukan pengurus DIY Sport Cycling memiliki fungsi yaitu, menyebarluaskan pesan
komunikasi yang bersifat informatif, persuasif dan instruktif secara sistematis kepada sasaran untuk
memperoleh hasil yang maksimal. Pengurus DIY Sport Cycling telah menerapkan strategi komunikasi
melalui tahapan planning, implementation dan evaluations. Pada tahap planning, pengurus DIY
Sport Cycling menentukan siapa yang akan menjadi komunikator dan pesan apa yang akan
disampaikan kepada anggota, untuk membahas pembinaan atlet balap sepeda Downhill. Tahap
implementation, pada tahap ini pengurus malaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan
dan penungkatan prestasi atlet balap sepeda. Tahap terakhir yaitu evaluations melakukan evaluasi
terhadap program yang telah dilaksanakan serta sebagai gambaran prestasi atlet untuk berlaga di
Pekan Olahraga Nasional 2016 mendatang. Saat melaksanakan strategi komunikasi, pengurus tidak
menemui hambatan yang berarti. Karena selama pelaksanaan juga mendapat dukungan dari banyak
pihak. Dari penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan pengurus balap
sepeda dalam hal ini DIY Sport Cycling untuk membina anak muda agar menjadi atlet Downhill sudah
cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari prestasi yang diperoleh atlet balap sepeda DIY di setiap
kejuaraan.
Kata kunci : sepeda, pembinaan, atlet

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: sepeda, pembinaan, atlet
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 08 Dec 2016 04:49
Last Modified: 15 Nov 2023 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9916

Actions (login required)

View Item View Item