PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF PADA EVENT TANGGAL KEMBAR DI SHOPEE (Survei Pada Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta)

RAHMAWATI, NURUL SOFIA (2025) PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF PADA EVENT TANGGAL KEMBAR DI SHOPEE (Survei Pada Masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2_Cover_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
2_Cover_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 3_Abstract_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
3_Abstract_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4_Halaman Pengesahan_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
4_Halaman Pengesahan_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf

Download (736kB)
[thumbnail of 5_Daftar Isi_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
5_Daftar Isi_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 6_Daftar Isi_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
6_Daftar Isi_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 1_Skripsi Full_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf] Text
1_Skripsi Full_141210167_Nurul Sofia Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://www.upnyk.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi belanja hedonis
dan promosi penjualan terhadap pembelian impulsif, dengan emosi positif sebagai
variabel mediasi pada event tanggal kembar di Shopee. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling, melibatkan 110
responden pengguna Shopee di Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dikumpulkan
melalui kuesioner online dan dianalisis menggunakan metode (PLS-SEM) dengan
SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis,
promosi penjualan, dan emosi positif berpengaruh positif signifikan terhadap
pembelian impulsif. Motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan berpengaruh
positif signifikan terhadap emosi positif. Emosi positif terbukti berpengaruh positif
signifikan memediasi hubungan antara motivasi belanja hedonis dan pembelian
impulsif. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pelaku e-commerce seperti
Shopee dalam merancang strategi pemasaran yang mampu membangkitkan emosi
positif konsumen, serta memberikan kontribusi teoretis dalam memahami perilaku
konsumen di era digital.
Kata Kunci: motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, emosi positif, pembelian
impulsif

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Nurul Sofia Rahmawati (Penulis - 14210167) ; Yoga Religia (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, emosi positif, pembelian impulsif
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 20 Nov 2025 01:46
Last Modified: 20 Nov 2025 01:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45587

Actions (login required)

View Item View Item