PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KNOWLEDGE OF INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA UMKM YANG DI MEDIASI KECERDASAN KOMPETITIF PADA UMKM PENGGUNA E-COMMERCE DI BANTUL

Mohammmad Rizki Ramadhan, RIZKI (2025) PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN KNOWLEDGE OF INFORMATION TECHNOLOGY TERHADAP KINERJA UMKM YANG DI MEDIASI KECERDASAN KOMPETITIF PADA UMKM PENGGUNA E-COMMERCE DI BANTUL. Tugas Akhir thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL VETERAN YOGYAKARTA.

[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. Cover_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf] Text
2. Cover_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf] Text
3. Abstrak_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_141180098_Mohammmad Rizki Ramadhan.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_141180098_Mohammmad Rizki Ramadhan.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf] Text
5. Daftar Isi_141180098_Mohammad Rizki Ramadhan.pdf

Download (613kB)

Abstract

Pertumbuhan ekonomi didukung oleh pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan banyak UMKM yang menggunakan pemasaran digital. Adanya aspek digital marketing untuk membantu pemasaran diperlu adanya penunjangan knowledge of information technology untuk pengoptimalan Kecerdasan Kompetitif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM pengguna e-commerce yang berada di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Sampel yang digunakan berjumlah 49 UMKM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis digital marketing, knowledge of information technology, kecerdasan kompetitif dan kinerja pada UMKM pengguna e-commerce Metode pengambilan data purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan metode SEM berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menemukan bahwa adanya variabel yang berpengaruh signifikan yaitu knowledge of information technology terhadap kecerdasan kompetitif, kecerdasan kompetitif terhadap kinerja, dan kecerdasan kompetitif memidiasi secara parsial terhadap digital marketing dengan kinerja. Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh signifikan yakni digital marketing terhadap kecerdasan kompetitif, digital marketing terhadap kinerja, knowledge of information technology terhadap kinerja dan variabel kecerdasan kompetitif tidak dapat memidiasi digital marketing terhadap kinerja.

Item Type: Tugas Akhir (Tugas Akhir)
Additional Information: MOHAMMAD RIZKI RAMADHAN (PENULIS - 14118009 : SABIHAINI (PEMBIMBING 1) : ABDUL GHOFAR (PEMBIMBING 2)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Knowledge of Information Technology, Kinerja, Kecerdasan kompetitif, SEM PLS
Subjek: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen
Depositing User: Bayu Pambudi
Date Deposited: 25 Sep 2025 06:46
Last Modified: 25 Sep 2025 06:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/43877

Actions (login required)

View Item View Item