ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA GREEYA COFFEE MENGGUNAKAN COMPETITIVE PROFILE MATRIX (CPM)

NUGROHO, AKBAR AGIL (2024) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA GREEYA COFFEE MENGGUNAKAN COMPETITIVE PROFILE MATRIX (CPM). Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 2. COVER_152200058_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
2. COVER_152200058_Akbar Agil Nugroho.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
3. ABSTRAK_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4. Lembar Pengesahan_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
4. Lembar Pengesahan_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
5. DAFTAR ISI_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
6. DAFTAR PUSTAKA_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_152200137_Akbar Agil Nugroho.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akbar Agil Nugroho, Nomor Induk Mahasiswa 152200137, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta. Judul Penelitian ini adalah “Analisis Strategi Bersaing Usaha
Greeya Coffee Menggunakan Competitive Profile Matrix (CPM)”. Dosen
Pembimbing Sauptika Kancana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Greeya Coffee berdasarkan
analisis di tahap pencocokan menggunakan matriks CPM, matriks SWOT, dan
prioritas strategi alternatif yang akurat diterapkan menurut matriks QSPM. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini adalah
sebanyak 8 (delapan) orang informan. Objek pada penelitian yang dilakukan yaitu
Greeya Coffee yang terletak di Jl. Nangka III No.81, RT.05/RW.11, Sanggrahan,
Maguwoharjo, Kecamatan Depok. Teknik analisis menggunakan 3 (tiga) tahapan
analisis data meliputi Tahap Input menggunakan matriks IFE, matriks EFE, dan
matriks CPM. Tahap Pencocokan menggunakan matriks SWOT. Tahap Keputusan
dengan menggunakan matriks QSPM.
Hasil matriks IFE dan EFE memposisikan perusahaan berada pada kuadran I
(mendukung strategi agresif). Berdasarkan matriks CPM, Greeya Coffee menempati
urutan ke-2 (dua). Sehingga hasil perumusan strategi pada matriks SWOT
mendapatkan 9 (sembilan) strategi alternatif yang kemudian terdapat strategi yang
sesuai dengan kondisi bersaing perusahaan dengan meliputi 5 (lima) strategi generik
Michael E Porter. Dari kelima strategi tersebut, prioritas strategi bagi Greeya Coffee
adalah strategi menyelenggarakan program hijau dengan menggunakan kemasan yang
dapat didaur ulang dan memberikan harga spesial bagi pelanggan yang membawa
tumblr (Fokus – nilai terbaik) dengan perolehan STAS sebesar 5,586.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada pihak Greeya
Coffee, yaitu menyelenggarakan program hijau, Mengikuti festival guna memamerkan
produk Greeya Coffee, melakukan inovasi menu, melakukan promosi gencargencaran,
dan
memberikan
potongan harga
bagi
mahasiswa.

Kata
Kunci: Strategi Bersaing, Matriks CPM, Matriks SWOT, & Matriks QSPM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bersaing, Matriks CPM, Matriks SWOT, & Matriks QSPM.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Bayu Setya Pambudi
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:49
Last Modified: 25 Jul 2024 02:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40435

Actions (login required)

View Item View Item