STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG BANANANIA DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA CV. CARIZA KHANSA PRATAMA DI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA

PUTRI, SYIFA AULIA FEBRIANA (2024) STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG BANANANIA DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA CV. CARIZA KHANSA PRATAMA DI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf] Text
SKRIPSI_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAK_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf] Text
ABSTRAK_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of COVER_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf] Text
COVER_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri .pdf] Text
DAFTAR ISI_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri .pdf

Download (316kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_135200079_Syifa Aulia Febriana Putri.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_135200079_Syifa.pdf] Text
Lembar Pengesahan_135200079_Syifa.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan
eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman usaha Keripik
Pisang Bananania (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang dijadikan kompetisi pada
usaha Keripik Pisang Bananania (3) Menganalisis keputusan strategi yang tepat
untuk pemasaran Keripik Pisang Bananania berdasarkan pendekatan Blue Ocean
Strategy. Jenis penelitian ini adalah kombinasi kuantitatif yang didukung dengan
kualitatif dengan analisis deskriptif. Metode penentuan lokasi dilakukan secara
purposive. Metode penentuan responden internal dilakukan secara purposive dan
responden eksternal dengan non probability sampling. Data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data melalui
observasi langsung, wawancara, kuesioner, Forum Group Discussion (FGD) dan
dokumentasi dan pencatatan. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan
Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, dan Blue Ocean Strategy. Hasil dari
penelitian menunjukkkan (1) Adanya kekuatan usaha memiliki kelengkapan
legalitas usaha, kelemahan usaha sumber daya manusia terbatas, peluang memiliki
pangsa pasar yang tinggi dan ancaman penjualan yang tidak stabil. (2) Usaha
Keripik Pisang Bananania mampu melewati faktor persaingan yaitu Acceptability
(Akseptabilitas) dan Awareness (Kesadaran), serta terdapat persaingan yang ketat
atau tinggi pada faktor persaingan Affordability (Keterjangkauan) dan Accesibility
(Aksesibilitas). (3) Perumusan Blue Ocean Strategy dengan menghapuskan
kerjasama dengan reseller yang tidak menguntungkan, mengurangi perubahan
desain kemasan secara berkala meningkatkan perluasan lokasi usaha, pengelolaan
media sosial sebagai sarana pemasaran dan memperluas kerjasama dengan hotel,
serta menciptakan inovasi produk berupa keripik pisang stick dan menciptakan
akses pembelian bagi konsumen di luar negri.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Blue Ocean Strategy, Matriks IFE, Matriks EFE,
Matriks IE

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Blue Ocean Strategy, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:04
Last Modified: 17 Jul 2024 03:04
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/40261

Actions (login required)

View Item View Item