UTOMO, SATRIO (2023) PERUMUSAN STRATEGI BERSAING DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATRIKS SWOT DAN QSPM (Studi Kasus pada Bangun Djaya Coffee & Roastery). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
1. Cover Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (180kB) |
|
Text
2. Abstrak Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (130kB) |
|
Text
3. Daftar Isi Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (194kB) |
|
Text
4. Daftar Pustaka Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (193kB) |
|
Text
5. Halaman Pengesahan Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (461kB) |
|
Text
5. Halaman Pengesahan Skripsi_Satrio Utomo_152190046.pdf Download (461kB) |
|
Text
Skripsi Full_Satrio Utomo_152190046.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi Bangun Djaya Coffee &
Roastery sebelum dilakukannya perumusan strategi alternatif, menganalisis dan
merumuskan rekomendasi strategi alternatif yang tepat bagi Bangun Djaya Coffee &
Roastery menggunakan matriks SWOT, serta mengetahui prioritas strategi alternatif
terbaik bagi Bangun Djaya Coffee & Roastery melalui analisis QSPM. Jenis penelitian
yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah
data primer yang diperoleh dari pengisian kuesioner terhadap 6 (enam) informan.
Objek penelitian ini adalah Bangun Djaya Coffee & Roastery, berlokasi di Jl. Candi
Sambisari, Sleman, DIY. Teknik analisis data menggunakan 3 (tiga) tahapan dari David
dan David (2017), yaitu Tahap Input (Matriks IFE dan EFE), Tahap Pencocokan
(Analisis SWOT dan Matriks SWOT), Tahap Keputusan (QSPM).
Hasil Matriks IFE dan EFE memposisikan perusahaan pada kuadran I
(mendukung strategi agresif). Sehingga perumusan strategi pada Matriks SWOT yang
dipilih adalah strategi S-O (Strenghts-Opportunities), yaitu menghasilkan 5 (lima)
strategi alternatif. Dari kelima strategi tersebut, prioritas strategi bagi Bangun Djaya
Coffee & Roastery adalah strategi Mengekspansi kedai (mengelola lahan di samping
kedai) sekaligus menciptakan gebrakan dengan memanfaatkan peluang yang ada
sekaligus bekerja sama dengan berbagai pihak yang bersedia memberi dukungan
(STAS: 6,392).
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada pihak
perusahaan, yaitu pengembangan kedai untuk bisa menciptakan gebrakan, serta
menciptakan tim PR. Kedua, meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam menciptakan
konten. Ketiga, menciptakan tim RnD. Keempat, aktif terlibat dalam berbagai kegiatan
kopi. Kelima, pengembangan berbagai program.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT, QSPM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 07:50 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:50 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/38307 |
Actions (login required)
View Item |