FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK HIJAB MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (Studi Pada JM Fashion di Yogyakarta)

RIFQIA, GHINA (2023) FORMULASI STRATEGI BAURAN PEMASARAN PRODUK HIJAB MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (Studi Pada JM Fashion di Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Full_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Skripsi Full_Ghina Rifqia_152180105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Daftar Pustaka_Ghina Rifqia_152180105.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan Skripsi_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Halaman Pengesahan Skripsi_Ghina Rifqia_152180105.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Cover_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Cover_Ghina Rifqia_152180105.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Daftar Isi_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Daftar Isi_Ghina Rifqia_152180105.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of Abstraksi_Ghina Rifqia_152180105.pdf] Text
Abstraksi_Ghina Rifqia_152180105.pdf

Download (294kB)

Abstract

vi
ABSTRAKSI
Ghina Rifqia, Nomor Induk Mahasiswa 152180105, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
“Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “FORMULASI STRATEGI BAURAN
PEMASARAN PRODUK HIJAB MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN
QSPM (Studi pada JM Fashion)”. Pembimbing Sauptika Kancana dan Lukmono
Hadi.
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui strategi bauran pemasaran yang tepat
bagi JM Fashion berdasarkan analisis SWOT dan QSPM. Penelitian ini
merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini
adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadap 13 (tiga
belas) informan yang dipilih menggunakan teknik judgemental sampling.
Sebelum melakukan penelitian, instrumen diuji terlebih dahulu dan setelah
dinyatalan valid dan reliabel, maka data tersebut dianalisis melalui 3 (tiga) tahap
yaitu Tahap 1 Input: Matriks EFE dan IFE, Tahap 2 Pencocokan: Matriks
SWOT, dan Tahap 3 Keputusan: Matriks QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menyatakan bahwa JM Fashion berada pada
kuadran 2, yaitu berada di posisi yang dapat memanfaatkan kekuatan internalnya
untuk menghindari ancaman eksternal dengan memaksimalkan kekuatan yang
ada. Pada posisi ini strategi yang cocok adalah strategi S-T (Strengths-Threats)
dan strategi yang mendukung diversifikasi. Berdasarkan hasil analisis QSPM,
strategi bauran pemasaran yang paling tepat digunakan oleh JM Fashion adalah
memaksimalkan promosi penjualan melalui marketplace (Shopee, Tokopedia) dan
social e-commerce (TikTok Shop) agar dapat memenangkan persaingan. Prioritas
alternatif strategi ini merupakan strategi diversifikasi media.
Saran dari peneliti adalah JM Fashion dapat menjalankan alternatif strategi
lainnya, terutama pada alternatif strategi S-T, dengan menyesuaikan kondisi dan
memperhatikan sumber daya yang dimiliki. Peneliti selanjutnya dapat melakukan
verifikasi kesesuaian formulasi strategi dengan arah kebijakan perusahaan.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Bauran Pemasaran, Matriks EFE, Matriks IFE,
Matriks SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Bauran Pemasaran, Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks SWOT, QSPM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:53
Last Modified: 03 Mar 2023 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32797

Actions (login required)

View Item View Item