PENGARUH NOVELTY SEEKING DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT BERPERILAKU (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke Objek Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta)

Yudistira, Lovita (2023) PENGARUH NOVELTY SEEKING DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT BERPERILAKU (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke Objek Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Lovita Yudistira_152180009.pdf] Text
SKRIPSI_Lovita Yudistira_152180009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lovita Yudistira, Nomor Induk Mahasiswa 152180009, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh Novelty
Seeking dan Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya
pada Niat Berperilaku (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke
Objek Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Pembimbing I Eny Endah
Pujiastuti dan Pembimbing II Humam Santosa Utomo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Novelty Seeking dan
Daya Tarik Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya pada Niat
Berperilaku (Studi pada Wisatawan yang Sudah Pernah Berkunjung ke Objek
Wisata HEHA Ocean View Yogyakarta). Populasi penelitian ini adalah seluruh
wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata HEHA Ocean View 1
kali kunjungan dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Tipe penelitian ini
menggunakan explanatory dengan metode kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu
wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke objek wisata HEHA Ocean View 1
kali kunjungan. Ukuran sampel penelitian sebesar 145 responden yang diperoleh
menggunakan perhitungan rumus Machin dan Campbell. Teknik sampling
penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk data tabel dan
persentase, serta analisis statistik inferensial menggunakan SEM AMOS dan Uji
Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel novelty seeking
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, daya tarik wisata
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan, novelty seeking berpengaruh
signifikan terhadap niat berperilaku, daya tarik wisata berpengaruh signifikan
terhadap niat berperilaku, kepuasan wisatawan berpengaruh signifikan terhadap
niat berperilaku, novelty seeking berpengaruh signifikan terhadap niat berperilaku
melalui kepuasan wisatawan, dan daya tarik wisata berpengaruh signifikan terhadap
niat berperilaku melalui kepuasan wisatawan.
Berdasarkan hasil penelitian, pengelola objek wisata HEHA Ocean View
dapat memperhatikan novelty seeking untuk membuat daya tarik yang ditawarkan
dapat memberikan sesuatu hal yang baru dan berbeda dan memperhatikan daya
tarik wisata agar atribut produk wisata yang ditawarkan unik dan menarik, serta
memperhatikan kepuasan wisatawan agar wisatawan memiliki niat berperilaku
dimasa yang akan datang pada objek wisata yang sama.
Kata Kunci: novelty seeking, daya tarik wisata, kepuasan wisatawan, dan niat
berperilaku

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: novelty seeking, daya tarik wisata, kepuasan wisatawan, dan niat berperilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: A.Md Sepfriend Ayu Kelana Giri
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:58
Last Modified: 17 Feb 2023 07:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/32704

Actions (login required)

View Item View Item