PENGARUH MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TREN E-COMMERCE TERHADAP INTENSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA

Noviani, Noviani (2022) PENGARUH MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN TREN E-COMMERCE TERHADAP INTENSI MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_142180069_Noviani.pdf] Text
Cover_142180069_Noviani.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Isi_142180069_Noviani.pdf] Text
Daftar Isi_142180069_Noviani.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_142180069_Noviani.pdf] Text
Daftar Pustaka_142180069_Noviani.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan_142180069_Noviani.pdf] Text
Lembar Pengesahan_142180069_Noviani.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of Skripsi Fulltext_142180069_Noviani.pdf] Text
Skripsi Fulltext_142180069_Noviani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak_142180069_Noviani.pdf] Text
Abstrak_142180069_Noviani.pdf

Download (168kB)

Abstract

PENGARUH MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN
KELUARGA, DAN TREN E-COMMERCE TERHADAP INTENSI
MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA
Oleh:
Noviani
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta
ABSTRAK
Seorang wirausaha adalah orang yang memiliki pemikiran yang kreatif,
seorang inovator, dan berani menanggung risiko. Faktanya wirausahawan
memegang peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kehadiran
wirausaha merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah pengangguran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, literasi keuangan,
lingkungan keluarga, dan tren e-commerce terhadap intensi mahasiswa akuntansi
dalam berwirausaha. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi UPN
“Veteran” Yogyakarta angkatan 2018, 2019, dan 2020. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10 persen, sehingga jumlah
sampel yang didapat sebanyak 88 responden. Metode penelitian yang digunakan
adalah metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner Skala
Likert. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis linear berganda dengan
menggunakan software IBM SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap intensi
mahasiswa akuntansi dalam berwirausaha, literasi keuangan berpengaruh terhadap
intensi mahasiswa akuntansi dalam berwirausaha, lingkungan keluarga
berpengaruh terhadap intensi mahasiswa akuntansi dalam berwirausaha, dan tren e�commerce berpengaruh terhadap intensi mahasiswa akuntansi dalam berwirausaha.
Kata kunci: motivasi, literasi keuangan, lingkungan keluarga, tren e-commerce,
intensi mahasiswa akuntansi dalam berwirausaha
PENGARUH MOTIVASI, LITERASI KEUANGAN, LINGKUNGAN
KELUARGA, DAN TREN E-COMMERCE TERHADAP INTENSI
MAHASISWA AKUNTANSI DALAM BERWIRAUSAHA
By:
Noviani
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta
ABSTRACT
Entrepreneur is a person who has a creative mind, an innovator, and dares
to take a risk. In fact, entrepreneur play an important role for economic growth in
Indonesia. The presence of entrepreneurship is one alternative to overcome the
problem of unemployment. This study aims to determine the effect of motivation,
financial literacy, family environtment, and e-commerce trend towards intentions
of accounting student in entrepreneurship. The population in this study were
accounting students at UPN “Veteran” Yogyakarta batch 2018, 2019, and 2020.
The sampling technique used is Slovin formula with an error rate of 10 percent,
then the number of sample result is 88 respondents. The research method used is a
quantitatives method and data collection with a questionnaire Likert scale. The
analytical technique used is multiple linear regression analysis using the IBM SPSS
21 software.
The results of the study indicate that motivation affect the intentions of
accounting student in entrepreneurship, financial literacy affect the intentions of
accounting student in entrepreneurship, family environtment affect the intentions of
accounting student in entrepreneurship, and e-commerce trend affect the intentions
of accounting student in entrepreneurship.
Keywords: motivation, financial literacy, family environment, e-commerce trend,
intentions of accounting student in entrepreneurship

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: motivation, financial literacy, family environment, e-commerce trend, intentions of accounting student in entrepreneurship
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:09
Last Modified: 22 Nov 2022 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31683

Actions (login required)

View Item View Item