Ramadani, Gladysia (2022) STRATEGI BRAND ACTIVATION MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MY SKIN BUT BETTER (MSBB)” DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Campaign #IndieBrandClub). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
DAFTAR PUSTAKA GLADYSIA.pdf Download (244kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI GLADYSIA.pdf Download (386kB) |
|
Text
Skripsi Full-Gladysia Ramadani-153150060.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK GLADYSIA.pdf Download (13kB) |
|
Text
COVER SKRIPSI GLADYSIA.pdf Download (216kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (286kB) |
Abstract
Persaingan industri di Indonesia saat ini semakin ketat, untuk menghadapinya tentu
para produsen perlu melakukan strategi yang inovatif, kreatif dan berbeda dengan kompetitor
produk sejenis. Permasalahan yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi perencanaan
brand activation My Skin But Better (MSBB) dalam upaya meningkatkan brand awareness,
serta bagaimanakah sebuah campaign #IndieBrandClub dalam mengimplementasikan program
brand activation oleh MSBB melalui Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk untuk
mengetahui perencanaan proses brand activation MSBB melalui campaign #IndieBrandClub
secara online di media sosial Instagram dalam membangun brand awareness. Konsep yang
digunakan sebagai landasan penelitian adalah konsep strategi perencanaan brand activation
gagasan dari Tom Duncan (2008). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif
kualitatif, dengan metode ini peneliti dapat menganalisis bagaimana brand activation MSBB
melalui campaign #IndieBrandClub dapat terlaksana sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai. Hasil penelitian ini adalah, MSBB dalam melakukan brand activation menerapkan
enam tahap perencanaan yang terdiri dari menentukan target audience, menganalisis SWOT,
menentukan objektif pemasaran komunikasi, mengembangkan strategi dan taktik, menentukan
anggaran, dan evaluasi efektivitas. Perencanaan tersebut kemudian dikemas pada sebuah
campaign online #IndieBrandClub di Instagram yang menyuarakan tentang local beauty
product sebagai bentuk local pride. Dengan melakukan proses tersebut akan menimbulkan
ajakan dan experience konsumen saat berinteraksi secara online di Instagram, adanya
koordinasi dan evaluasi terhadap campaign tersebut dianalisis secara digital melalui insight
Instagram dan Iconosquare. Kelebihan strategi brand activation MSBB yaitu mampu
menganalisis secara internal dan eksternal perusahaan, kelemahannya pelaksanaan tidak
dilakukan secara berkala hanya pada social media milik MSBB saja.
Kata Kunci: brand activation, MSBB, campaign #IndieBrandClub, brand awareness.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | brand activation, MSBB, campaign #IndieBrandClub, brand awareness. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 06 Oct 2022 01:46 |
Last Modified: | 06 Oct 2022 01:46 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31307 |
Actions (login required)
View Item |