ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA RUMAH MAKAN YOGYA CHICKEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING MENGGUNAKAN METODE MATRIKS SWOT DAN QSPM

Ardillah, Nadia Virannisa (2022) ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA RUMAH MAKAN YOGYA CHICKEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING MENGGUNAKAN METODE MATRIKS SWOT DAN QSPM. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK__SKRIPSI_NADIA_VIRA.PDF] Text
ABSTRAK__SKRIPSI_NADIA_VIRA.PDF

Download (122kB)
[thumbnail of COVER_SKRIPSI_NADIA_VIRANNI.PDF] Text
COVER_SKRIPSI_NADIA_VIRANNI.PDF

Download (101kB)
[thumbnail of DAFTAR_ISI_SKRIPSI_NADIA_VI.PDF] Text
DAFTAR_ISI_SKRIPSI_NADIA_VI.PDF

Download (73kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_NADI.PDF] Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI_NADI.PDF

Download (188kB)
[thumbnail of HALAMAN_PENGESAHAN_TTD.PDF] Text
HALAMAN_PENGESAHAN_TTD.PDF

Download (287kB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL_NADIA_VIRANNIS.PDF] Text
SKRIPSI_FULL_NADIA_VIRANNIS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rumusan strategi bisnis
yang tepat untuk Rumah Makan Yogya Chicken sebagai upaya dalam
meningkatkan daya saing perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu
penelitian deskriptif dengan unit analisis Rumah Makan Yogya Chicken. Sumber
data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dengan
beberapa narasumber dan penyebaran kuesioner kepada karyawan Rumah Makan
Yogya Chicken yang berjumlah 43 responden. Sebelumnya, data diuji instrumen
terlebih dahulu dan setelah dinyatalan valid dan reliabel, maka data tersebut
dianalisis mengunakan matriks SWOT dan matriks QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menyatakan bahwa Rumah Makan Yogya
Chicken berada pada kuadran II atau dalam posisi mendukung kebijakan strategi
diversifikasi yaitu dengan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki untuk
mengurangi berbagai ancaman eksternal yang ada, sehingga pada posisi ini strategi
yang cocok untuk Rumah Makan Yogya Chicken adalah strategi S-T (Strengths�Threats). Berdasarkan hasil evaluasi matriks QSPM, dari ketiga strategi S-T yang
dimunculkan prioritas strategi yang paling tepat digunakan oleh Rumah Makan
Yogya Chicken yaitu melakukan inovasi terhadap produk dengan perolehan TAS
sebesar 6,81.
Berdasarkan hasil penelitian, saran dari peneliti yang dapat diberikan yaitu
dengan menambahkan berbagai variasi rasa ayam goreng seperti cheesy chicken
dan hot spicy chicken, membuat menu special hot-plate, membuat produk frozen
food siap makan, menyediakan paket menu untuk anak-anak, membuat variasi
sambel seperti sambal terasi, sambal matah, sambel bangkok dan sambel gochujang
serta tambahan topping seperti mozarella, seaweed, kailan.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Matriks SWOT, Matriks QSPM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Sep 2022 07:34
Last Modified: 30 Sep 2022 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/31195

Actions (login required)

View Item View Item