ANALISIS SEGMENTASI PENGGUNA PRODUK UMPAMA COFFEE & EATERY YOGYAKARTA DENGAN METODE POST-HOC (Studi pada pengguna produk Umpama Coffee & Eatery Yogyakarta)

Rahmany, Laras Gilang (2021) ANALISIS SEGMENTASI PENGGUNA PRODUK UMPAMA COFFEE & EATERY YOGYAKARTA DENGAN METODE POST-HOC (Studi pada pengguna produk Umpama Coffee & Eatery Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Skripsi Laras Gilang Rahmany 152170084 FULL Fix.pdf] Text
Skripsi Laras Gilang Rahmany 152170084 FULL Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (1).pdf] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (28kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan Laras.pdf] Text
Lembar Pengesahan Laras.pdf

Download (455kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini
adalah untuk menemukan siapa saja segmen pengguna produk Umpama Coffe &
Eatery Yogyakarta dengan melalui pendekatan metode Post-Hoc. Tumbuhnya
kedai kopi yang menjamur di Indonesia terutama Yogyakarta, menyebabkan
Umpama Coffe & Eatery harus bisa bersaing untuk memenangkan pasar, salah
satunya adalah dengan melakukan pemasaran. Tetapi, sebelum melakukan
pemasaran harus mengetahui segmentasi pasar yang ada. Umpama mengalami
penurunan penjualan dimasa pandemi dan belum optimalnya kinerja dalam
operasional termasuk di strategi pasar. Hal tersebut dikarenakan pemahaman
tentang siapa segmen pasar mereka Umpama belum optimal selama operasional
berlangsung. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif yang diperoleh
dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Sumber data yang dipakai berupa
data dari responden yang sudah pernah menggunakan produk Umpama. Metode
yang dipakai untuk analisa data adalah pendekatan metode segmentasi Post-Hoc
dan teknik analisis yang dipakai adalah two-steps clustering. Hasil analisis yang
diperoleh dari responden menunjukkan bahwa segmentasi pengguna Umpama
Coffe & Eatery Yogyakarta melalui metode Post-Hoc menghasilkan 3 segmen atau
pembagian segmen. Pembagian segmen yang dihasilkan adalah Pleasure Seeker,
The Needs, The Loyal yang mempunyai detail karakteristik berbeda-beda
berdasarkan segmentasi post-hoc (pola pemakaian, kuantitas pemakaian, manfaat,
dan kebutuhan yang belum terpenuhi) dan segmentasi profil pasar (demografis,
geografis, psikografis dan perilaku).
Kata kunci : Segmentasi Post-Hoc, Segmentasi Pengguna, Two Step
Clustering

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi Post-Hoc, Segmentasi Pengguna, Two Step Clustering
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:49
Last Modified: 13 Apr 2022 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29478

Actions (login required)

View Item View Item