PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KHOTBAH DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (Studi Kasus pada Jemaat Gereja Kristen Jawa Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2020)

AGASTIYA, I MADE RONI (2020) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA KHOTBAH DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA MASA PANDEMI COVID – 19 (Studi Kasus pada Jemaat Gereja Kristen Jawa Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2020). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Lembar Pengesahan.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Skripsi Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
I MADE RONI AGASTIYA_153130184_Daftar Isi.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi olehpandemi Covid –19 yang mengharuskan tempatibadah berhenti beroperasi. Gereja Kristen Jawa Gondokusuman berusaha memfasilitasi melalui Youtube agar jemaat mendapatkan informasi kegiatan keagamaan serta dapat beribadah dari rumah. Tujuan penelitian iniuntuk mendeskripsikan pemanfaatan Youtube dalam penyampaianaktivitas keagamaan kepada jemaatnya serta untuk mengidentifikasi penggunaan fitur dalam Youtube yang dapat memudahkan jemaatnya menerimainformasi. Penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian menggunakan kerangka konseptual media siber dari Nasrullah (2015) mengenai pemanfaatan Youtube. Hasilpenelitian menunjukan bahwa : (1) level objek media, jemaat diminta menekan tombol Subscribe.Karena keterbatasanYoutube, aktivitas komunikasi peribadatan LiveStreaming didukung melalui WhatsApp Grup. Linktr.ee digunakan untuk penyimpanan materi ibadah dalam bentuk teks, dan pemanfaatan media konvensioanl. Aspek visualisasi konten, dengan pembuatan Thumbnails tokoh kerohanian. (2) Level dokumen media dengan pemanfaatan fitur “Live Streaming, Video, dan Community”. Serta memanfaatkan fitur “Youtube Studio” untuk mengetahui antusias jemaat. Visualisasi konten denganpenggunaan footage video, running text, dan musik. (3) Level objek media interaksi terjalin antara organisasi maupun jemaatnya melalui fitur “Live Chat”. (4) Level pengalaman, bahwa ada perbedaan yang dirasakan dalam beribadah online. Pemanfaatan Youtube sudah maksimal, hanya saja keterbatasan Youtube mengharuskan memanfaatkan media sosial lainnya agar sistem komunikasi berjalan dengan baik.Kata Kunci : Pemanfaatan Youtube, Media Komunikasi, Live Streaming Youtube

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemanfaatan Youtube, Media Komunikasi, Live Streaming Youtube
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Feb 2021 09:37
Last Modified: 11 Feb 2021 09:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24630

Actions (login required)

View Item View Item