PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH MAKAN BALE TIMOHO YOGYAKARTA

HUSAM ABDUL AZIZ AL FARUQ, 141150176 (2020) PENGARUH BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH MAKAN BALE TIMOHO YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui: (1) pengaruh langsung beban kerja terhadap turnove intenion pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, (2) pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap turnover intention pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, (3) pengaruh tidak langsung beban kerja terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, dan (4) pengaruh tidak langsung lingkungan kerja terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode sensus yaitu teknik penentuan sampel apabila seluruh anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Metode ini dapat digunakan apabila jumlah populasi relatif kecil (mudah dijangkau). populasi penelitian ini berjumlah 50 orang yang merupakan karyawan Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta. Data didapat melalui kuesioner yang sudah di uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) beban kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap turnover intention pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, ditunjukkan dengan koefisien beta 0,573 signifikansi 0,001; (2) lingkungan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta dengan koefisien beta -0,238 signifikansi 0,000; (3) beban kerja berpengaruh tidak langsung positif dan signifikan terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, ditunjukkan dengan perkalian koefisien beta 0,060 dan t hitung 1,48915>1,30023 berarti signifikan pada taraf signifikansi 0,1; dan (4) lingkungan kerja berpengaruh tidak langsung negatif dan signifikan terhadap turnover intention dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Rumah Makan Bale Timoho Yogyakarta, ditunjukkan dengan perkalian koefisien beta -0,101958 dan t hitung -1,84124>1,67866 berarti signifikan pada taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: beban kerja, lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan turnover intention.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:57
Last Modified: 10 Aug 2020 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/23351

Actions (login required)

View Item View Item