PENGARUH JUMLAH KENDARAAN BERMOTOR, KONSUMSI ENERGI, DAN LUAS LAHAN PERTANIAN TERHADAP EMISI CO2 DALAM RANGKA MENUJU EKONOMI RENDAH KARBON DI INDONESIA TAHUN 1971-2014

Isnaeni, Fatimah (2019) PENGARUH JUMLAH KENDARAAN BERMOTOR, KONSUMSI ENERGI, DAN LUAS LAHAN PERTANIAN TERHADAP EMISI CO2 DALAM RANGKA MENUJU EKONOMI RENDAH KARBON DI INDONESIA TAHUN 1971-2014. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGESAHAN.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

Ekonomi rendah karbon adalah suatu perekonomian yang berhasil meningkatkan kesejahteraan manusia yang merata dan secara signifikan memperkecil risiko lingkungan dan kelangkaan sumber daya alam. Untuk menuju ekonomi rendah karbon, suatu negara harus menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang bebas atau rendah emisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah kendaraan bermotor, konsumsi energi dan luas lahan pertanian terhadap emisi CO2 di Indonesia tahun 1971-2014. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Alat analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah kendaraan bermotor berpengaruh positif dan signifikan terhadap emisi CO2 di Indonesia, semakin tinggi jumlah kendaraan bermotor akan meningkatkan emisi CO2. Konsumsi energi berpengaruh positif dan signifikan terhadap emisi CO2 di Indonesia, semakin tinggi konsumsi energi akan meningkatkan emisi CO2. Luas lahan petanian berpengaruh negatif dan signifikan terhadap emisi CO2 di Indonesia, semakin tinggi luas lahan pertanian akan menurunkan emisi CO2. Dari ketiga variabel independen dalam model penelitian ini, konsumsi energi mempunyai pengaruh paling besar terhadap emisi CO2. Kata Kunci : Regresi Linier Berganda, Emisi CO2, Kendaraan Bermotor, Konsumsi Energi, Lahan Pertanian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 12 Mar 2019 03:02
Last Modified: 12 Mar 2019 03:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/18679

Actions (login required)

View Item View Item