ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TULIS IBU SUMARTINAH DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Deskripsi Pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta)

KURNIAWAN, DWI OKY (2016) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TULIS IBU SUMARTINAH DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Deskripsi Pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
img008.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

i ABSTRAK Penelitian ini berjudul Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Omset Penjualan Studi Kasus pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta. UNESCO telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya asli Indonesia, khususnya Jawa. Produk batik terutama jenis batik tulis oleh masyarakat telah dianggap sebagai produk batik paling berkualitas dibandingkan batik cap, sablon atau printing. Berkualitas karena proses pewarnaannya, penggunaan bahan yang berkualitas, motif/desain batiknya unik dan eksklusif, dan hasil akhir yang halus dan rapi. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif.. Data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan produsen dan konsumennya. Juga didukung dengan beberapa data dari studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi pemasaran Batik Tulis Ibu Sumartinah dengan bertatap muka secara langsung, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat lebih komunikatif. Kata kunci: Batik, Strategi Komunikasi Pemasaran. ii ABSTRACT The title of this research is “Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Studi Kasus pada Batik Tulis Ibu Sumartinah di Yogyakarta”. UNESCO has set the batik as the one of indigenous cultural heritage from Indonesia, especially from Java. Batik product especially painting batik has been considered as the most qualified batik product than stamp batik, sablon batik, or printing batik by the society. Qualified because of the colouring process, the implementing of qulified material, the unique of design batik and exclusive, and the end of result that smooth and presentable. The research methods used descriptive analysis with qualitative research. The data has obtained from direct interview with producer and consumer. Also supported with some data from literature review, documentation and observation. The result of research shows that marketing communication strategy painting batik Ibu Sumartinah are with face to face directly so that communication can do more communicative. Keyword : Batik, Marketing Communication Strategy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:28
Last Modified: 29 Sep 2016 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6958

Actions (login required)

View Item View Item