ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TULIS IBU SUMARTINAH DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Deskripsi Pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta)

KURNIAWAN, DWI OKY (2016) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN BATIK TULIS IBU SUMARTINAH DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN (Studi Deskripsi Pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of img008.pdf]
Preview
Text
img008.pdf

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

i

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan
Omset Penjualan Studi Kasus pada Batik Tulis Ibu Sumartinah Di Yogyakarta.
UNESCO telah menetapkan batik sebagai salah satu warisan budaya asli
Indonesia, khususnya Jawa. Produk batik terutama jenis batik tulis oleh
masyarakat telah dianggap sebagai produk batik paling berkualitas dibandingkan
batik cap, sablon atau printing. Berkualitas karena proses pewarnaannya,
penggunaan bahan yang berkualitas, motif/desain batiknya unik dan eksklusif, dan
hasil akhir yang halus dan rapi. Metode penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif, dengan jenis penelitian kualitatif.. Data diperoleh dari hasil wawancara
langsung dengan produsen dan konsumennya. Juga didukung dengan beberapa
data dari studi pustaka, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan
strategi komunikasi pemasaran Batik Tulis Ibu Sumartinah dengan bertatap muka
secara langsung, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat lebih komunikatif.

Kata kunci: Batik, Strategi Komunikasi Pemasaran.




ii

ABSTRACT

The title of this research is “Analisis Komunikasi Pemasaran dalam
Meningkatkan Omzet Penjualan Studi Kasus pada Batik Tulis Ibu Sumartinah di
Yogyakarta”. UNESCO has set the batik as the one of indigenous cultural
heritage from Indonesia, especially from Java. Batik product especially painting
batik has been considered as the most qualified batik product than stamp batik,
sablon batik, or printing batik by the society. Qualified because of the colouring
process, the implementing of qulified material, the unique of design batik and
exclusive, and the end of result that smooth and presentable. The research
methods used descriptive analysis with qualitative research. The data has
obtained from direct interview with producer and consumer. Also supported with
some data from literature review, documentation and observation. The result of
research shows that marketing communication strategy painting batik Ibu
Sumartinah are with face to face directly so that communication can do more
communicative.

Keyword : Batik, Marketing Communication Strategy

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Sep 2016 02:28
Last Modified: 29 Sep 2016 03:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/6958

Actions (login required)

View Item View Item