APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA

Novianto Nugroho, Singgih (2014) APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF ALAT MUSIK GAMELAN JAWA.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Lahirnya teknologi informasi sebagai konsekuensi dari perubahan zaman yang semakin modern, terutama dunia industri yang semakin pesat turut mempengaruhi berbagai dimensi kehidupan manusia. Jika zaman dulu peralihan dari zaman pertanian ke industri, maka sekarang peralihan dari zaman industri ke zaman teknologi informasi, dimana akses komunikasi dan jaringan informasi sudah begitu mudah dengan alat bantu yang canggih. Komputer merupakan sarana yang paling berpengaruh dalam perkembangan teknologi informasi. Saat ini segala sesuatu dapat dilakukan oleh alat yang semakin hari semakin canggih ini mulai dari mengolah data, membuat animasi, desain grafis, mengolah media audio visual dan lain – lain dapat dilakukan oleh alat yang bernama komputer. Lahirnya komputer multimedia menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah. Salah satu media yang telah banyak diproduksi adalah multimedia interaktif.Gamelan merupakan salah satu alat musik jenis perkusi yang sering dimainkan pada orkestra. Saat ini alat musik ini sudah dibuat dalam bentuk yang menarik sebagai alat musik yang dapat digunakan untuk mengenal musik bagi anak-anak dengan warna-warna yang menarik. Dalam penelitian ini akan dibuat virtual Gamelan yang dapat dimainkan oleh anak-anak SD dan. Aplikasi ini menyediakan lagu jawa dan anak-anak dapat memainkan sendiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu tahap-tahap pengembangan multimedia. Perangkat lunak yang digunakan yaitu Adobe Flash CS3 dan Actionscript sebagai script pendukungnya. Hasil penelitian dapat digunakan sebagai media pembelajaran disekolah dan lingkungan masyarakat didalam aplikasi ini untuk selanjutnya digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk bahan ajar dalam melestarikan gamelan jawa. Keyword : Multimedia interaktif, gamelan, Actionscript

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 26 Aug 2016 01:43
Last Modified: 26 Aug 2016 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item