Rahediestu Muhammad Arkan, . (2025) PENGARUH VALUE CREATION INNOVATION, VALUE PROPOSITION INNOVATION, DAN VALUE CAPTURE INNOVATION TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH USIA PERUSAHAAN PADA UMKM BAKPIA DI DIY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
1_Cover_141210078.pdf Download (177kB) |
|
|
Text
2_Abstrak_141210078.pdf Download (205kB) |
|
|
Text
3_Halaman Pengesahan_141210078.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
4_Daftar Isi_141210078.pdf Download (216kB) |
|
|
Text
5_Daftar Pustaka_141210078.pdf Download (183kB) |
|
|
Text
6_Skripsi Full_141210078.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh inovasi penciptaan nilai (value creation innovation), inovasi proposisi nilai (value proposition innovation), dan inovasi penangkapan nilai (value capture innovation) terhadap kinerja perusahaan pada UMKM bakpia di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan usia perusahaan sebagai variabel moderasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan pengumpulan data primer melalui kuesioner yang disebarkan kepada 80 pelaku UMKM bakpia di DIY. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa value creation innovation secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM Bakpia di DIY, value proposition innovation secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM Bakpia di DIY, value capture innovation secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM Bakpia di DIY, usia perusahaan memoderasi secara posistif dan signifikan pengaruh value creation innovation terhadap kinerja perusahaan, usia perusahaan memoderasi secara negatif dan signifikan pengaruh value proposition innovation terhadap kinerja perusahaan, dan usia perusahaan memoderasi secara posistif dan signifikan pengaruh value capture innovation terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi praktis bagi pelaku UMKM dan pengambil kebijakan dalam merumuskan strategi inovasi yang tepat guna memperkuat daya saing dan keberlanjutan usaha.
Kata Kunci: Business model innovation, value creation innovation, value proposition innovation, value capture innovation, SME’s performance
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | RAHEDIESTU MUHAMMAD ARKAN (Penulis - 141210078) ; M. IRHAS EFFENDI (Pembimbing) ; |
| Uncontrolled Keywords: | Business model innovation, value creation innovation, value proposition innovation, value capture innovation, SME’s performance |
| Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen |
| Depositing User: | Bayu Pambudi |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 04:23 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 04:23 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
