TEMA KEAGAMAAN ISLAM DALAM IKLAN DAN DAYA TARIK BAGI GENERASI Z: ANALISIS RESEPSI PADA IKLAN “KALKULATOR ZAKAT” KITABISA.COM

Ray Adhitya Hendita Putra, . (2025) TEMA KEAGAMAAN ISLAM DALAM IKLAN DAN DAYA TARIK BAGI GENERASI Z: ANALISIS RESEPSI PADA IKLAN “KALKULATOR ZAKAT” KITABISA.COM. Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210146.pdf] Text
Cover_153210146.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Abstrak_15321046.pdf] Text
Abstrak_15321046.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153210146.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153210146.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210146.pdf] Text
Daftar Isi_153210146.pdf

Download (991kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210146.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210146.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of Fulltext_153210146.pdf] Text
Fulltext_153210146.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id

Abstract

Fenomena pembayaran digital yang sedang marak digunakan oleh masyarakat terkhususnya generasi muda mulai merambah kebanyak sektor dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pemaknaan dan penerimaan pesan oleh Generasi Z terhadap iklan “Kalkulator Zakat” yang dipublikasikan oleh Kitabisa.com di media sosial. Penelitian ini menggunakan Model Encoding/Decoding Stuart Hall sebagai kerangka analisis untuk memetakan posisi penerimaan khalayak terhadap pesan yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses encoding Kitabisa berhasil menciptakan preferred reading yang yaitu kemudahan dalam melakukan ibadah zakat dengan layanan pembayaran digital. Namun, audiens tidak bersifat pasif; mayoritas informan menempati posisi negotiated reading dengan menerima gagasan kemudahan digital namun tetap mengajukan keberatan terhadap aspek kepercayaan, keabsahan prosesi, dan keamanan transaksi. Sebagian kecil informan berada pada posisi dominant-hegemonic reading karena merasakan kesesuaian antara pesan dan kebutuhan pribadi mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa audiens bersifat aktif dalam menerima dan memberikan makna pada pesan sesuai dengan latar belakang pengetahuan, sosial, dan budaya yang mereka miliki.
Kata Kunci: Analisis Resepsi, Encoding/Decoding, Generasi Z, Zakat Digital, Kitabisa, Komunikasi Non-Formal.

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Ray Adhitya Hendita Putra (153210146) Sigit Tripambudi (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Encoding/Decoding, Generasi Z, Zakat Digital, Kitabisa, Komunikasi Non-Formal.
Subjek: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:02
Last Modified: 18 Dec 2025 01:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46176

Actions (login required)

View Item View Item