MAIDA, SHAKILLA AURELLIA (2025) UPAYA MENGUATKAN DIPLOMASI KOMERSIAL MELALUI PARIWISATA HALAL GUNA MENARIK WISATAWAN ARAB SAUDI KE INDONESIA TAHUN 2019-2023. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
Cover_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Download (368kB) |
|
|
Text
Abstrak_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Download (163kB) |
|
|
Text
Halaman Pengesahan_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Download (280kB) |
|
|
Text
Daftar Isi_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Download (120kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Download (214kB) |
|
|
Text
SKRIPSI_Fulltext_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Indonesia menghadapi tantangan dalam memperkuat daya saing pariwisata halal di pasar
Timur Tengah, khususnya Arab Saudi yang merupakan negara dengan daya beli tinggi dan
kebutuhan wisata berbasis syariah. Ketidakseimbangan antara potensi destinasi halal
Indonesia dan keterbatasan penetrasi pasar yang belum maksimal merupakan kompleksitas
masalah dalam penelitian ini. Berdasarkan hal ini, penelitian mengajukan pertanyaan:
bagaimana upaya Indonesia dalam menguatkan diplomasi komersial untuk meningkatkan
kunjungan wisatawan Arab Saudi melalui program pariwisata halal periode 2019-2023?
Penelitian ini menggunakan teori Value Chain of Commercial Diplomacy oleh Oliver
Naray, yang menyoroti empat komponen yang paling relevan dengan penelitian ini, yaitu:
networking, problem-solving, promotion of tourism, dan advocacy for national business
community. Metode penelitian bersifat deskriptif-kualitatif dengan teknik studi pustaka,
memanfaatkan data sekunder dari dokumen resmi, laporan kementerian, serta literatur
akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi networking merupakan faktor
paling signifikan dalam meningkatkan jumlah wisatawan, melalui kerja sama co-branding
digital, kemitraan dengan travel agent Saudi, dan diplomasi publik oleh KBRI dan ITPC
Jeddah. Penelitian ini menegaskan bahwa kekuatan relasi lintas aktor menjadi fondasi
utama dalam menciptakan keberhasilan promosi pariwisata halal Indonesia secara
berkelanjutan.
Kata kunci : Diplomasi Komersial, Pariwisata Halal, Indonesia, Arab Saudi
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | SHAKILLA AURELLIA MAIDA (Penulis-151210035) ; Iva Rachmawati (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Diplomasi Komersial, Pariwisata Halal, Indonesia, Arab Saudi |
| Subjek: | J Political Science > JZ International relations |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional |
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:01 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:01 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
