UPAYA MENGUATKAN DIPLOMASI KOMERSIAL MELALUI PARIWISATA HALAL GUNA MENARIK WISATAWAN ARAB SAUDI KE INDONESIA TAHUN 2019-2023

MAIDA, SHAKILLA AURELLIA (2025) UPAYA MENGUATKAN DIPLOMASI KOMERSIAL MELALUI PARIWISATA HALAL GUNA MENARIK WISATAWAN ARAB SAUDI KE INDONESIA TAHUN 2019-2023. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
Cover_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of Abstrak_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
Abstrak_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
Halaman Pengesahan_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Isi_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
Daftar Isi_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
Daftar Pustaka_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of SKRIPSI_Fulltext_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf] Text
SKRIPSI_Fulltext_151210035_SHAKILA AURELLIA MAIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia menghadapi tantangan dalam memperkuat daya saing pariwisata halal di pasar
Timur Tengah, khususnya Arab Saudi yang merupakan negara dengan daya beli tinggi dan
kebutuhan wisata berbasis syariah. Ketidakseimbangan antara potensi destinasi halal
Indonesia dan keterbatasan penetrasi pasar yang belum maksimal merupakan kompleksitas
masalah dalam penelitian ini. Berdasarkan hal ini, penelitian mengajukan pertanyaan:
bagaimana upaya Indonesia dalam menguatkan diplomasi komersial untuk meningkatkan
kunjungan wisatawan Arab Saudi melalui program pariwisata halal periode 2019-2023?
Penelitian ini menggunakan teori Value Chain of Commercial Diplomacy oleh Oliver
Naray, yang menyoroti empat komponen yang paling relevan dengan penelitian ini, yaitu:
networking, problem-solving, promotion of tourism, dan advocacy for national business
community. Metode penelitian bersifat deskriptif-kualitatif dengan teknik studi pustaka,
memanfaatkan data sekunder dari dokumen resmi, laporan kementerian, serta literatur
akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi networking merupakan faktor
paling signifikan dalam meningkatkan jumlah wisatawan, melalui kerja sama co-branding
digital, kemitraan dengan travel agent Saudi, dan diplomasi publik oleh KBRI dan ITPC
Jeddah. Penelitian ini menegaskan bahwa kekuatan relasi lintas aktor menjadi fondasi
utama dalam menciptakan keberhasilan promosi pariwisata halal Indonesia secara
berkelanjutan.
Kata kunci : Diplomasi Komersial, Pariwisata Halal, Indonesia, Arab Saudi

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: SHAKILLA AURELLIA MAIDA (Penulis-151210035) ; Iva Rachmawati (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Komersial, Pariwisata Halal, Indonesia, Arab Saudi
Subjek: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: A.Md Eko Suprapti
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:01
Last Modified: 12 Dec 2025 07:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/46061

Actions (login required)

View Item View Item