Pramuditya, Bagaskara Raka (2025) ANALISIS KOMUNIKASI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN BEBAS UNTUK MOTIVASI PENGEMBANGAN DIRI SISWA (Studi di SMA Kolese De Britto Yogyakarta). Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
COVER_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Download (249kB) |
|
|
Text
ABSTRAK_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
PENGESAHAN_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Download (448kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Download (72kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Download (237kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULLTEXT_Bagaskara Raka Pramuditya_153210184.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
SMA Kolese De Britto Yogyakarta adalah sebuah institusi pendidikan yang
memiliki konsep pendekatan pendidikan yang unik. Konsep tersebut adalah
pendidikan bebas dimana para siswa diberikan kebabasan yang disertai tanggung
jawab. Namun dalam perjalanannya, ditemukan berbagai macam tantangan dalam
menerapkan pendidikan bebas seperti salah arti kebebasan dan regenerasi tenaga
didik yang cepat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta
memahami bagaimana komunikasi yang berlangsung dalam proses penanaman
nilai pendidikan bebas, serta bagaimana komunikasi tersebut berperan dalam
membentuk motivasi pengembangan diri siswa di SMA Kolese De Britto
Yogyakarta. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara yang mendalam bersama tiga orang guru dan tiga orang siswa SMA
Kolese De Britto Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa
komunikasi interpersonal memiliki peranan penting dalam menanamkan nilai
pendidikan bebas yang ada di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Dalam
praktiknya guru di SMA Kolese De Britto menerapkan Cura Personalis yaitu
mengenal pribadi secara utuh. Cura Personalis menjadi sarana para guru untuk
mendampingi para siswa dan memposisikan diri bukan hanya sebagai pengajar
melainkan juga sebagai pendamping siswa. Penelitian ini juga menunjukan bahwa
kehadiran guru sebagai pribadi yang orisinil serta tidak memberikan rasa
penghakiman terhadap ekspresi murid berdampak kepada situasi yang aman dan
nyaman untuk murid bisa terbuka kepada para guru.
Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Pendidikan bebas, Pengembangan
diri, Guru, SMA Kolese De Britto.
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Bagaskara Raka Pramuditya (Penulis-153210184) ; Arif Wibawa (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Komunikasi interpersonal, Pendidikan bebas, Pengembangan diri, Guru, SMA Kolese De Britto. |
| Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | A.Md Eko Suprapti |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 01:48 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 01:48 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
