FAKTOR KOMPATIBILITAS, EFEKTIVITAS BIAYA, DAN INTERAKTIVITAS TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UMKM FASHION DI KOTA YOGYAKARTA

Putri, Riani Amelia (2025) FAKTOR KOMPATIBILITAS, EFEKTIVITAS BIAYA, DAN INTERAKTIVITAS TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA UMKM FASHION DI KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Cover_141200233_Riani Amelia.pdf] Text
2. Cover_141200233_Riani Amelia.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan_141200233_Riani Amelia Putri.pdf] Text
4. Halaman Pengesahan_141200233_Riani Amelia Putri.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 3. Abstrak_141200233_Riani Amelia.pdf] Text
3. Abstrak_141200233_Riani Amelia.pdf

Download (272kB)
[thumbnail of 5. Daftar Isi_141200233_Riani Amelia.pdf] Text
5. Daftar Isi_141200233_Riani Amelia.pdf

Download (282kB)
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka_141200233_Riani Amelia.pdf] Text
6. Daftar Pustaka_141200233_Riani Amelia.pdf

Download (310kB)
[thumbnail of 1. Skripsi Fulltext_141200233_Riani Amelia Putri.pdf] Text
1. Skripsi Fulltext_141200233_Riani Amelia Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: upnyk.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kompatibilitas, efektivitas biaya, dan
interaktivitas terhadap penggunaan media sosial dan dampaknya pada kinerja UMKM
fashion di Kota Yogyakarta. Fenomena yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini
adalah persaingan usaha di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun yang
menuntut UMKM untuk terus bisa menjaga eksistensi dan meningkatkan kinerjanya.
Perkembangan inovasi dalam teknologi juga mendorong UMKM untuk bersikap
adaptif agar dapat terus bersaing dalam persaingan usaha yang ketat. Metode dalam
penelitian menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Populasi dari penelian ini
adalah UMKM fashion di Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui
penyebaran kuesioner melalui Google Formulir yang disebarkan kepada 96 UMKM
fashion di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan untuk menganalisis data
menggunakan Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil analisis dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) kompatibilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
penggunaan media sosial, 2) efektivitas biaya berpengaruh positif terhadap
penggunaan media sosial, 3) interaktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap
penggunaan media sosial, 4) penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap
kinerja UMKM.
Kata kunci: kompatibilitas, efektivitas biaya, interaktivitas, penggunaan media
sosial, kinerja UMKM

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: RIANI AMELIA PUTRI (Penulis - 141200233) ; Abdul Ghofar (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: kompatibilitas, efektivitas biaya, interaktivitas, penggunaan media sosial, kinerja UMKM
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > (S1) Manajemen
Depositing User: UPA Perpustakaan
Date Deposited: 12 Nov 2025 04:24
Last Modified: 12 Nov 2025 04:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45417

Actions (login required)

View Item View Item