Mutasimah, Farhana Al (2025) PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN DAYA TARIK PROMOSI TERHADAP MINAT BELI SPOTIFY PREMIUM. Skripsi thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
2_Cover_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
4_Lembar Pengesahan_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Download (76kB) |
|
|
Text
3_Abstrak_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Download (153kB) |
|
|
Text
5_Daftar Isi_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
6_Daftar Pustaka_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Download (152kB) |
|
|
Text
1_Skripsi full_152190048_Farhana Al Mutasimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Farhana Al Mutasimah, Nomor Induk Mahasiswa 152190045, Program Studi
Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Judul Penelitian “Pengaruh Persepsi
Nilai dan Daya Tarik Promosi terhadap Minat Beli Spotify Premium (Studi pada
Mahasiswa Pengguna Layanan Spotify Free di Yogyakarta)”. Dosen Pembimbing
Keny Rahmawati.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai dan daya
tarik promosi terhadap minat beli Spotify Premium. Layanan streaming musik saat ini
semakin digemari, dan salah satu strategi perusahaan untuk menarik pengguna adalah
dengan menawarkan layanan freemium serta promosi yang menarik. Namun tidak
semua pengguna freemium bersedia beralih ke layanan premium, sehingga diperlukan
pemahaman lebih dalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan
pembelian tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei
melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa pengguna layanan Spotify Free
di Yogyakarta. Jumlah sampel penelitian yang digunakan sebanyak 100 responden,
yang diperoleh melalui teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang
merupakan pengguna Spotify Free. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan analisis regresi linear
berganda menggunakan bantuan software SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik persepsi nilai maupun daya tarik
promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Spotify
Premium. Persepsi nilai dan daya tarik promosi secara simultan juga berpegaruh positif
dan signifikan terhadap minat beli Spotify Premium. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan masukan bagi strategi pemasaran Spotify dalam meningkatkan konversi
pengguna layanan gratis menjadi pelanggan premium.
Kata kunci: Persepsi Nilai, Daya Tarik Promosi, Minat Beli, Spotify Premium
| Item Type: | Tugas Akhir (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | Farhana Al Mutasimah (Penulis - 152190048) ; Keny Rahmawati (Pembimbing) |
| Uncontrolled Keywords: | Persepsi Nilai, Daya Tarik Promosi, Minat Beli, Spotify Premium |
| Subjek: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Administrasi Bisnis |
| Depositing User: | UPA Perpustakaan |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 03:27 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:27 |
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45335 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
