PENGARUH PEMAHAMAN PESAN KAMPANYE #HAUSDEMOKRASI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @HAUS.INDONESIA TERHADAP CUSTOMER LOYALTY BRAND HAUS!

Rhezani Ajeng Rastika, . (2025) PENGARUH PEMAHAMAN PESAN KAMPANYE #HAUSDEMOKRASI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK @HAUS.INDONESIA TERHADAP CUSTOMER LOYALTY BRAND HAUS! Skripsi thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of Cover_153210126.pdf] Text
Cover_153210126.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Abstrak_153210126.pdf] Text
Abstrak_153210126.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Halaman Pengesahan_153210126.pdf] Text
Halaman Pengesahan_153210126.pdf

Download (633kB)
[thumbnail of Daftar Isi_153210126.pdf] Text
Daftar Isi_153210126.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_153210126.pdf] Text
Daftar Pustaka_153210126.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Fulltext_153210126.pdf] Text
Fulltext_153210126.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: https://upnyk.ac.id/

Abstract

Perkembangan media sosial menuntut setiap brand beradaptasi dalam strategi komunikasi pemasaran. Melalui kampanye #HAUSDemokrasi, Haus! menjunjung nilai demokrasi yang relevan dengan karakter generasi Z. Strategi tersebut dilakukan untuk memperkuat kedekatan emosional dan loyalitas konsumen terhadap merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman pesan kampanye #HAUSDemokrasi di media sosial TikTok @haus.indonesia terhadap customer loyalty pada generasi Z di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana terhadap data kuesioner yang diperoleh dari 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pesan kampanye memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan kontribusi sebesar 23,1%, sedangkan 75,9% dipengaruhi faktor lain. Relevansi nilai demokrasi dan pemilihan saluran yang tepat menjadikan Haus! sebagai pilihan utama. Penelitian ini mendukung Uses and Effects Theory serta konsep Customer Journey, di mana channel memiliki peran yang krusial sebagai penghubung penting dalam membawa konsumen dari tahap awareness hingga loyalty melalui kejelasan pesan, relevansi nilai, dan pemilihan saluran yang tepat dalam membentuk loyalitas konsumen.

Kata Kunci: Pemahaman, Pesan Kampanye, Haus!, Customer Loyalty, Teori Uses and Effect

Item Type: Tugas Akhir (Skripsi)
Additional Information: Rhezani Ajeng Rastika (Penulis-153210126) Kartika Ayu Ardhanariswari, S.Sn., M.Ds (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Pesan Kampanye, Haus!, Customer Loyalty, Teori Uses and Effect
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > (S1) Ilmu Komunikasi
Depositing User: Indah Lestari
Date Deposited: 30 Oct 2025 04:39
Last Modified: 30 Oct 2025 04:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/45198

Actions (login required)

View Item View Item